Anies Cukup Terkejut Ada Bayi Kurang Gizi di Jakarta

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kaget bukan kepalang ketika mendengar kalau di Jakarta masih ada penyakit gizi buruk. Orang nomor satu di Jakarta ini pun mengatakan akan mengecek langsung temuan kasus bayi kekurangan gizi di kawasan Jakarta Utara (Jakut).

"Saya hampir tak percaya masa di Jakarta masih ada sih Anies kasus mal nutrisi. Ini harus cepat ditangani. Pokoknya Jakarta sebagai Ibukota harus bebas gizi buruk. Kalau itu sampai terjadi maka itu adalah kondisi yang tidak bisa ditoleransi,” katanya di RSIA Budi Kemuliaan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (2/2).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu akan menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mendatangi seluruh kampung-kampung dan memastikan tidak ada anak ataupun orang dewasa dan orang tua yang kekurangan gizi.

“Sekarang saya sedag mengumpulkan para lurah se Jakarta, salah satu bahannya soal memastikan tidak ada warga yang kekurangan gizi. Dan bila ada masalah jangan menunggu sampai menjadi berita. Kalau ada masalah langsung dikasih solusi, dikerjakan,” tegas Anies.

Diketahui terdapat 194 balita yag dikategorikan  kekurangan gizi di Jakarta Utara. Dari jumlah tersebut 150 anak diantaranya tanpa penyakit berarti atau kurang asupan gizi. Sedangkan 44 anak menderita penyakit penyerta yang membuat badan menjadi kurus.