Anggota DPRD Dukung Pelebaran Trotoar Kawasan Sudirman, Asal…

MONITOR, Jakarta – Masih banyaknya trotoar di Ibukota yang digunakan untuk berjualan membuat miris para wakil rakyat Jakarta. Para politisi Kebon Sirih ini pun akhirnya mendesak Pemprov DKI agar bisa bertindak tegas agar keberadaan trotoar dikembalikan sesuai fungsinya.

"Bahkan saya setuju dengan rencana Pemprov DKI yang akan menata jalur pendestrian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman,"ungkap Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi melalui selulernya kepada MONITOR.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PKS ini, berharap agar Pemprov membersihkan jalur pedestrian dari bentuk pelanggaran namun tidak serta merta membunuh hajat orang seperti Pedagang Kaki Lima (PKL).

Caranya, disebutkan Suhaimi, Pemprov harus melakukan penataan dengan solusi.

“Jadi jangan main tertibkan dan gusur. Tapi harus ada solusi, PKL harus ditata,"tegasnya.

Dalam hal rencana Pemprov menata trotoar di kawasan Jalan Sudirman. Suhaimi mengingatkan agar penataan dan pelebaran trotoar tidak merampas hak baik pejalan kaki, maupun sepeda motor atau kendaraan yang lain.

“Jalan kan haknya orang banyak. Jadi ditata yang benar. Masing-masing punya haknya. Jadi kalau ada orang jalan kaki, sepeda motor juga ada haknya,” tandasnya.

Tidak lupa juga lanjut Suhaimi, penataan trotoar tetap memperhatikan estetika dan keindahan kota Jakarta sebagai Ibukota negara. Konsep yang jelas dan berdasarkan kajian terlebih dahulu harus dimiliki dalam melakukan penataan.

Kata Suhaimi, pihak eksekutif juga diminta membangun gerakan kesadaran dari warga untuk menjaga keindahan dan kebersihan trotoar pasca penataan.

Menurutnya kesadaran warga harus dibangun sehingga tugas menjaga lingkungan tidak hanya milik Pemprov DKI. Suhaimi menyebut pemerintah daerah harus menyiapkan sarana dan prasarana kebersihan di area itu.

“Fasilitas kebersihan juga harus ada. Ketika orang jalan, buang sampah harus ada tempat sampah. Kedua harus ada semacam gerakan untuk sadarkan masyarakat agar merasa memilki jakarta. Masyarakat digerakkan dan saling mengingatkan sehingga masyarakat merasa memiliki,” pungkasnya.

Diketahui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penataan trotoar di kawasan Jalan Sudirman, khususnya dalam menyambut gelaran Asian Games. Trotoar akan dilebarkan  hingga 12 meter. Pelebaran tersebut akan membuat lajur di jalur lambat berkurang sehingga hanya menjadi satu lajur. Trotoar juga akan disematkam ornamen-ornamen nusantara untuk menambah estetika.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia