MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali menunjukkan komitmen nyata dalam pemberdayaan UMKM dengan mengikutsertakan dua mitra binaan unggulan, ILMY Fashion (Tasikmalaya) dan Batik Masniri (Cirebon), dalam Pameran Inacraft 2025 bertajuk “From Smart Village to Global Market”. Ajang bergengsi yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 5-9 Februari 2025 ini diikuti oleh 1.100 pelaku UMKM se-Indonesia, dengan target mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional hingga 8%.
Keikutsertaan Jasa Marga dalam Inacraft 2025 sejalan dengan visi pemerintah untuk mengakselerasi transformasi UMKM lokal menuju pasar global. Wakil Presiden Republik Indonesia Gibran Rakabuming Raka yang hadir dalam acara menegaskan, “Inovasi dan kolaborasi lintas sektor seperti ini krusial untuk meningkatkan nilai tambah produk UMKM. Inacraft bukan sekadar pameran, tapi juga ruang edukasi dan sinergi guna membuka akses pasar yang lebih luas.”
Menteri UMKM Maman Abdurrahman turut mengapresiasi peran korporasi dalam membangun konektivitas antara industri besar dan UMKM.
“Dukungan ini vital untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 8% di era pemerintahan Prabowo-Gibran. Mari bersama-sama menjadikan Inacraft sebagai momentum kebangkitan UMKM Indonesia,” ujarnya.
Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, menjelaskan bahwa partisipasi mitra binaan dalam Inacraft 2025 merupakan bagian dari program sustainable development perusahaan dalam bidang Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) meningkatkan pertumbuhan ekonomi UMKM disekitar proses bisnis Perusahaan.
“Kami tidak hanya membangun infrastruktur jalan tol, tetapi juga infrastruktur ekonomi masyarakat. ILMY Fashion dengan produk mode muslimnya dan Batik Masniri dengan seni kriya batik Cirebon adalah bukti bahwa UMKM di sekitar jalan tol Jasa Marga Group berpotensi bersaing di tingkat nasional bahkan global. Hingga 2024, Jasa Marga telah memberdayakan lebih dari 1.250 UMKM di seluruh Indonesia, dengan peningkatan omzet rata-rata 35% bagi peserta program,” papar Lisye.
Selain promosi di pameran, Jasa Marga memberikan pendampingan komprehensif UMKM binaan, seperti pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan kualitas produk, mentoring bisnis dalam pengelolaan usaha dan pemasaran digital, akses ke platform e-commerce.
Sebagai pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara, Inacraft 2025 menjadi ajang strategis bagi UMKM untuk memperluas jaringan bisnis, mendapatkan feedback pasar, dan mengeksplor tren global. Tahun ini, pameran menargetkan transaksi Rp500 miliar dan kunjungan 50.000 orang.