Rabu, 16 Oktober, 2024

MTQ Internasional di Malaysia, Delegasi Indonesia Raih Juara III

MONITOR, Jakarta – Indonesia kembali menorehkan prestasi di dunia Tilawah Qur’an Internasional. Delegasi Indonesia meraih juara III pada 64th International Al-Qur’an Recitaland and Memorisation Assembly Malaysia, yang digelar pada 5-12 Oktober 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Wahyu Andi Saputra asal Kalimantan Tengah meraih peringkat ketiga dengan nilai 92,09 dan Syamimi Assahira asal Kepulauan Riau meraih juara 3 dengan nilai 89,46.

Direktur Penerangan Agama Islam, Kemenag, Ahmad Zayadi bersyukur atas torehan prestasi Wahyu Andi Saputra. Menurutnya, MTQ Internasional di Malaysia ini merupakan gelaran yang sangat bergengsi. “Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi kita, karena kita tahu ajang ini adalah gelaran yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama,” ujar Zayadi di Jakarta, Selasa (14/10/2024).

Dikatakan Zayadi, untuk sampai ke negeri Jiran, Wahyu dan Syamimi harus melalui tes penyaringan kualifikasi peserta yang telah dilakukan secara online pada 29 April hingga 5 Mei 2024 (Kategori Tilawah) dan pada tanggal 21 hingga 26 Juli 2024 (Kategori Hafalan), yang melibatkan 120 peserta dari 89 negara.

- Advertisement -

“Info yang kami dapat, peserta kategori Tilawah berjumlah 53 orang (39 laki-laki dan 14 perempuan) dari 41 negara, salah satunya dari Indonesia dan berhasil meraih juara 3. Sekali lagi selamat kepada Wahyu Andi Saputra dan Syamimi Assahira atas prestasi yang sangat luar biasa ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alqur’an dan Alhadits, Rijal Ahmad Rangkuty mengatakan, setiap tahun, Indonesia mengirimkan delegasi untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat internasional.

“Delegasi yang diutus tidak hanya diberi pembinaan, tapi juga fasilitas akomodasi serta bonus jika berhasil meraih juara di ajang internasional,” ujar Rijal.

Rijal menyebut, hadiah atau bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi dan komitmen dari Kemenag, serta menambah motivasi untuk terus meningkatkan prestasi untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Termasuk bonus untuk kedua delegasi yang berhasil meraih juara di MTQ Internasional di Malaysia ini. Sedang kami persiapkan untuk waktu dan tempat akan kami infokan,” tandasnya.

Deretan prestasi Syamimi Assahira:

1. Juara I Cabang TIlawatil Dewasa Putri pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Nasional XXVII Tahun 2023.

2. Juara I cabang 5 Juz dan Tilawah pada MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan 2022.

Deretan prestasi Wahyu Andi Saputra:

1. Juara III Cabang TIlawatil Dewasa Putra pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Nasional XXVII Tahun 2023.

2. Juara harapan II pada MTQN ke-9 tahun 2023 yang digelar Jamiyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (PP JQHNU).

3. Juara I MTQ Antarbangsa se-Borneo 2023 dengan nilai 96,50.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER