Selasa, 8 Oktober, 2024

Kemenag Sambut Kedatangan Imam Masjid Nabawi, Berikut Agendanya Selama di Indonesia

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia menyambut kedatangan Imam Masjid Nabawi, Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi, yang melaksanakan kunjungan resmi ke Indonesia sejak 7 hingga 11 Oktober 2024 di Jakarta.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, menyampaikan bahwa kunjungan Imam Masjid Nabawi merupakan bagian dari kerja sama bilateral yang selama ini sudah berjalan secara baik dan aktif antara Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi serta Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Kedatangan Yang Mulia Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi adalah untuk memperkuat kerja sama di bidang dakwah dan urusan Islam,” kata Kamaruddin, Selasa (8/10/2024) di Jakarta.

Pihaknya menjelaskan, kedatangan Imam Masjid Nabawi ini adalah simbol dari hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Arab Saudi, khususnya dalam upaya memperkenalkan nilai-nilai Islam yang mulia di kalangan umat Muslim Indonesia.

- Advertisement -

Kamaruddin menambahkan, kerja sama ini juga mencakup peran umat Islam dalam kemajuan peradaban regional maupun global. Menurutnya, penting untuk mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran Islam untuk perdamaian dunia.

“Islam mengajarkan cinta, kasih sayang, perdamaian dan keadilan. Itulah nilai-nilai yang akan kita terus gaungkan dalam kerja sama ini,” ujar Kamaruddin.

“Dengan kedatangan Imam Masjid Nabawi ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi hubungan bilateral kedua negara dan mempererat persaudaraan umat Muslim di Indonesia dan Arab Saudi,” harapnya.

Dirjen Kamaruddin menerangkan bahwa kunjungan Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi selama di Indonesia akan diisi dengan berbagai agenda penting. “Imam Masjid Nabawi akan menghadiri sejumlah kegiatan yang melibatkan tokoh agama, ulama, ormas Islam, pesantren, dan masyarakat di Indonesia,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, salah satu agenda utama yang akan diikuti oleh Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi adalah pertemuan dengan ulama-ulama besar Indonesia untuk berdiskusi mengenai penguatan dakwah Islam di era modern.

“Kehadiran beliau tentu akan menjadi momentum penting bagi umat Muslim Indonesia untuk meningkatkan persatuan dan persaudaraan antar sesama muslim dan sesama bangsa,” tegas Kamaruddin.

Agenda Acara
Imam Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi di Indonesia

Senin, 7 Oktober 2024 : Tiba di Indonesia

Selasa, 8 Oktober 2024 :

  • Bertemu Menteri Agama RI
  • Bertemu Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Rabu, 9 Oktober 2024 :

  • Bertemu Presiden RI
  • Bertemu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
  • Bertemu Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII)

Kamis, 10 Oktober 2024 :

  • Bertemu Pengurus Pusat Muhammadiyah
  • Ceramah Umum di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Berkunjung ke Pesantren Darunnajah Jakarta

Jumat, 11 Oktober 2024 :

  • Bertemu Imam Besar Masjid Istiqlal, Menjadi Imam Shalat Jum’at, dan Muhadharah
  • Kembali ke Arab Saudi
- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER