Jumat, 27 September, 2024

Jokowi Apresiasi Peran FKUB Jaga Kerukunan Indonesia

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengapresiasi peran Forum Kerukunann Umat Beragama (FKUB) atas perannya dalam menjaga kerukunan dan toleransi di Indonesia.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat menggelar silaturahmi dengan Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama Se-Indonesia (AFKUBI) di Ruang Credential, Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur.

“Saya sangat menghargai mengapresiasi peran FKUB selama ini dalam menjaga suasana yang damai, suasana yang harmonis, suasana rukun sehingga persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa terawat baik dan terus terjaga,” ujar Presiden Jokowi, Rabu (25/9/2024).

Ia menyoroti, saat ini banyak konflik terjadi di berbagai negara. Hal ini tentu mengganggu kondisi kerukunan dan toleransi global.

- Advertisement -

“Dalam peradaban baru, dalam peradaban modern masih ada perang, baik itu di Ukraina, baik itu di Palestina, ini ditambah lagi sekarang dengan perang di Lebanon. Sehingga membuat yang namanya persatuan, yang namanya kerukunan, yang namanya toleransi itu merupakan hal yang sangat berharga, sangat bernilai tinggi di negara manapun,” ungkap Presiden.

“Kita bersyukur nilai kerukunan, toleransi, persatuan masih bisa terawat sangat baik di Indonesia. Ini adalah sebagian hasil dari FKUB yang ada di Indonesia ini,” imbuhnya.

Presiden pun menekankan pentingnya dialog dalam menyelesaikan konflik, terutama di negara yang sangat majemuk seperti Indonesia. Menurut Presiden, ruang dialog penting dibuka agar konflik sekecil apapun tidak berlanjut dan menimbulkan masalah yang lebih besar.

“Segera sekecil apapun segera luruskan dalam suasana yang sejuk,” pesan Presiden.

Presiden juga menyoroti dua perhelatan besar yang akan dihadapi Indonesia dalam waktu dekat, yaitu transisi kepemimpinan nasional pada 20 Oktober 2024 serta pemilihan kepala daerah di 508 kabupaten/kota dan 37 provinsi pada November mendatang. Ia meminta AFKUBI untuk memberikan perhatian lebih dalam menjaga stabilitas dan kerukunan selama masa transisi ini.

“Ini adalah perhelatan besar yang juga akan berdampak besar bagi negara kita sehingga saya minta FKUB juga memberikan perhatian,” ucap Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara ini adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, dan Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER