Kamis, 19 September, 2024

Rektor UIN Ajak Mahasiswa untuk Sebarluaskan Kemajuan PTKIN

MONITOR, Jakarta – Saat ini Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah mengalami perkembangan kemajuan yang cukup pesat. Fakta ini perlu disebarluaskan melalui berbagai cara termasuk produk jurnalistik.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Mujibburahman memandang, mahasiswa dapat memberikan kontribusi tersebut dengan membekali diri dengan keterampilan jurnalistik. Hal ini disampaikan Mujibburahman saat membuka Ngaji Jurnalistik yang diinisiasi oleh Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost, di Kampus UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

“”Sumberpost telah menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya, khususnya pengelola ormawa. Melalui pelatihan ini, mahasiswa dilatih untuk menulis berita secara profesional, sekaligus berperan dalam menyebarluaskan kegiatan kampus ke masyarakat luas,” ujar Mujibburrahman saat membuka acara di Aula FEBI, Selasa (13/8/2024).

“Saya berharap ke depan, pelatihan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin sehingga melahirkan jurnalis-jurnalis andal di kampus kita,” imbuh pria yang akrab disapa Prof. Mujib ini.

- Advertisement -

Sementara itu, Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Halilul Haqqi, mengatakan bahwa Ngaji Jurnalistik ini adalah program tahunan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa, terutama dalam bidang publikasi dan dokumentasi. Pelatihan ini melibatkan 60 peserta yang terdiri dari perwakilan UKM/UKK, Humas fakultas, serta anggota Sumberpost.

Untuk mendukung pelatihan ini, panitia menghadirkan Nurul Hayati, seorang wartawan dari Serambi Indonesia yang juga anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis berita dan mempublikasikannya melalui berbagai platform media kampus.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER