Selasa, 30 April, 2024

Tak Mau Latah Lock-down, Jokowi Pilih ‘Rumahkan’ ASN dan Liburkan Siswa

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo melakukan segala upaya untuk menghambat penyebaran virus Corona di Tanah Air. Pasalnya, jumlah pasien positif Covid-19 semakin bertambah.

Desakan untuk melakukan lock-down pun terus disuarakan banyak kalangan. Pemerintah didesak untuk segera menerapkan langkah tersebut. Akan tetapi, Jokowi tak mau latah dan memilih langkah lainnya untuk menghambat laju penyebaran Covid-19.

Jokowi menginstruksikan jajaran kepala daerah untuk meliburkan kegiatan belajar para pelajar dan mahasiswa. Dengan demikian, mereka tetap bisa belajar dari rumah masing-masing. Tak hanya itu, Jokowi memberikan imbauan agar ASN sebagian ada yang bekerja di rumah.

“Para kepala daerah juga saya minta membuat kebijakan sesuai kondisi daerahnya menyangkut proses belajar dari rumah bagi pelajar/mahasiswa, kebijakan tentang sebagian ASN bekerja di rumah dengan tetap memberi pelayanan kepada masyarakat, dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang,” ujar Jokowi dalam keterangan persnya, tadi malam, Minggu (15/3).

- Advertisement -

Selain itu, Jokowi mengingatkan setiap daerah agar meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi Covid-19 dan pengobatan secara maksimal, memanfaatkan kemampuan Rumah Sakit Daerah, bekerja sama dengan Rumah Sakit Swasta, serta lembaga riset dan pendidikan tinggi.

“Saya sudah memerintahkan untuk memberikan dukungan anggaran untuk digunakan secara efektif dan efisien, cepat, dan memiliki landasan hukum agar pihak yang relevan dapat menggunakannya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER