Rabu, 6 Agustus, 2025

Jasa Marga Gelar Site Visit Inovatif di Rest Area Travoy KM 88B Bersama Jet Roadster Campus Hiring 2025

MONITOR, Purwakarta – Sebagai bagian dari upaya menanamkan nilai keberlanjutan kepada calon karyawan (Jet Roadster), PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar kegiatan Project-Based Learning: Site Visit TJSL Program Rest Area KM 88B Ruas Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, pada Kamis (31/07). Dalam rangkaian Jet Roadster Campus Hiring 2025, calon karyawan diajak langsung mengeksplorasi Rest Area Travoy KM 88B Ruas Tol Cipularang untuk mendalami nilai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan secara konkret.

Dalam sambutannya Direktur Human Capital & Transformasi, Yoga Tri Anggoro, menegaskan bahwa Jasa Marga mengukur kualitas talenta bukan hanya dari hasil wawancara, tetapi juga dari sejauh mana calon karyawan dapat memahami dan menerjemahkan prinsip Triple Bottom Line (People, Planet, Profit) ke dalam aktivitas sehari-hari.

“Program Jet Roadster Campus Hiring ini bukan sekadar proses rekrutmen, tapi juga bagian dari pengenalan nilai-nilai keberlanjutan yang dipegang Perusahaan. Dari sinilah kami memperkenalkan salah satu aktivitas TJSL kepada peserta, mulai dari pengelolaan ramah lingkungan di sekitar rest area dan sekitar jalan tol, hingga pemberdayaan masyarakat,” ujar Yoga.

Seluruh Jet Roadster menyusuri Taman Lalu Lintas sebagai sarana edukasi keselamatan berkendara, Kampoeng UMKM tempat pelaku usaha lokal memamerkan produk unggulan untuk mendongkrak ekonomi komunitas, serta meninjau langsung Sistem Pengolahan Sampah Terpadu yang mampu mengubah limbah organik menjadi pupuk kompos berkualitas. Di sini, peserta tidak hanya menyaksikan alur daur ulang, tetapi juga turut serta memilah sampah, memantau proses fermentasi, dan mengemas pupuk kompos.

- Advertisement -

Para peserta juga mendapatkan wawasan tambahan melalui paparan dari Direktur Bisnis & Fasilitas PT Jasamarga Related Business (JMRB), Bimo Esmunantyo, yang menekankan pentingnya sinergi antara pengembangan infrastruktur dan prinsip inklusivitas. Menurut Bimo, rest area yang ramah lingkungan dan ramah pengguna adalah investasi jangka panjang yang memberi nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menegaskan bahwa keterlibatan Jet Roadster dalam program TJSL menjadi bagian penting dari pembelajaran menyeluruh mengenai keberlanjutan di Jasa Marga.

“Melalui program Site Visit TJSL ini, kami ingin para Jet Roadster mendapatkan pemahaman utuh, mulai dari konsep keberlanjutan hingga implementasi langsung program TJSL di lapangan, dari edukasi keselamatan berkendara hingga pengelolaan limbah. Hal ini juga menjadi bentuk nyata kontribusi karyawan terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan perusahaan,” ucap Lisye.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang Learning Journey Proposal. Kelompok yang terbaik meraih apresiasi tertinggi melalui konsep “Rumah Tumbuh,” sebuah konsep greenhouse di atas lahan kosong Rest Area Travoy KM 88B untuk menyediakan bahan baku segar bagi tenant UMKM. Ide ini diharapkan dapat menekan biaya operasional pelaku UMKM sekaligus memperkuat kemandirian usaha lokal.

Nantinya, manajemen Jasa Marga akan mengimplementasikan proposal terbaik tersebut ke dalam program TJSL di Rest Area Travoy KM 88B sebagai wujud nyata kontribusi Jet Roadster terhadap pengembangan TJSL Jasa Marga yang berdampak kepada UMKM dan masyarakat sekitar rest area.

Melalui program Campus Hiring Project-Based Learning ini, Jasa Marga memastikan setiap Jet Roadster tidak hanya memahami teori keberlanjutan, tetapi juga mampu mengimplementasikannya. Inisiatif ini menegaskan komitmen Perusahaan untuk menjadikan talenta baru yang siap mendukung visi jangka panjang Jasa Marga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER