BUMN

Jasa Marga Bersama Menteri BUMN Sampaikan Evaluasi Pelayanan Nataru 2024/2025

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyampaikan evaluasi keberhasilan dalam melayani arus mudik dan balik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) kepada Kementerian BUMN, di Jakarta, Rabu (22/01). Jasa Marga juga memaparkan langkah strategis dalam menghadapi arus mudik dan balik Hari Libur Lebaran Tahun 2025. Hal ini merupakan implementasi visi besar Asta Cita Presiden Prabowo Subianto yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas infrastruktur, efisiensi layanan publik, dan percepatan transformasi teknologi serta salah satu wujud nyata kolaborasi antara Jasa Marga dengan berbagai stakeholder.

Sebagai salah satu bagian dari visi pembangunan nasional, Asta Cita Presiden Prabowo menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antar sektor untuk memberikan pelayanan publik yang optimal, aman, dan efisien. Hal ini tercermin dalam keberhasilan pelayanan Nataru 2024/2025 yang didukung penuh oleh Kementerian BUMN melalui arahan strategis untuk meningkatkan kapabilitas infrastruktur, mempercepat digitalisasi, dan memperkuat kerja sama lintas institusi.

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan komitmen Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN untuk mewujudkan transportasi yang andal dan inklusif dalam melayani masyarakat khususnya pada periode Hari Lebaran mendatang.

“BUMN harus menjadi pelopor dalam memberikan solusi yang konkret bagi masyarakat, terutama dalam momen penting seperti libur Nataru dan Lebaran. Kementerian BUMN terus mendukung program-program Pemerintah sesuai dengan instruksi Presiden dalam memastikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Erick.

Erick menambahkan, perusahaan-perusahaan BUMN telah menunjukkan perannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya saat libur Nataru kemarin. Untuk mengantisipasi periode libur Lebaran mendatang, perusahaan-perusahaan BUMN telah melakukan persiapan dan improvement di sektornya masing-masing untuk memaksimalkan pelayanan serta melakukan kolaborasi intensif dengan berbagai pihak yang menjadi kunci keberhasilan dalam memastikan kelancaran perjalanan masyarakat.

Penerapan Traffic Management & pengelolaan rest area berbasis AI, hingga optimalisasi transaksi di gerbang tol menjadi bagian dari strategi Jasa Marga untuk menghadirkan layanan yang optimal dan terintegrasi. Hal ini sesuai dengan fokus Asta Cita Presiden pada akselerasi teknologi untuk efisiensi pelayanan publik.

Selain itu, Jasa Marga juga bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Perhubungan, Kementerian PU, Kepolisian RI, TNI, dan Pemerintah Daerah. Sinergi dengan PLN untuk penyediaan SPKLU di rest area, serta dengan BMKG untuk integrasi informasi cuaca ke dalam Dynamic Message Sign (DMS) turut memperkuat pelaksanaan operasional yang lancar selama Nataru 2024/2025.

Dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2025, Jasa Marga akan terus mengedepankan visi pelayanan publik berbasis teknologi dan kolaborasi. Strategi ke depan mencakup percepatan pelebaran jalan tol, peningkatan kapasitas infrastruktur, dan optimalisasi penggunaan platform digital seperti Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID).

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menyatakan “Kami berkomitmen untuk mendukung program prioritas pemerintah dan arahan Kementerian BUMN dalam memberikan pelayanan infrastruktur terbaik, sejalan dengan nilai-nilai Asta Cita. Kolaborasi dengan berbagai pihak akan terus kami perkuat untuk menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan efisien bagi seluruh pengguna jalan,” ujar Subakti.

Subakti juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kontribusinya. “Kepatuhan masyarakat dalam mengikuti aturan lalu lintas dan arahan petugas sangat berperan dalam kelancaran operasional. Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih baik,” tutupnya.

Jasa Marga akan terus menyiapkan strategi operasional dan peningkatan sejumlah pelayanan di jalan tol milik Jasa Marga Group sebagai upaya untuk menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap optimal dan mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi selama arus keluar dan balik periode Lebaran mendatang termasuk meningkatkan kualitas layanan operasional dengan memperhatikan semua sisi fasilitas guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pengendara.

Recent Posts

Direktur Operasi dan Layanan Jasa Marga Terima Kunjungan Kerja Asdep Kemenko Bidang Perekonomian RI

MONITOR, Cikampek - Direktur Operasi dan Layanan Jasa Marga Fitri Wiyanti terima kunjungan kerja Asisten…

5 jam yang lalu

Menperin Tunjukkan Cinta Produk Dalam Negeri di World Expo Osaka 2025

MONITOR, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menunjukkan komitmennya dalam mencintai dan…

7 jam yang lalu

Tunjangan Profesi 227.147 Guru Bukan ASN Binaan Kemenag Naik Rp500Ribu

MONITOR, Jakarta - Tunjangan profesi bagi ratusan guru bukan ASN (Aparatur Sipil Negara) binaan Kementerian…

11 jam yang lalu

Sekjen Partai Gelora Yakin Suatu Saat Nanti akan Tercipta Perdamaian di Tanah Palestina

MONITOR, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Mahfuz Sidik meyakini, bahwa tanah…

12 jam yang lalu

Tilawati Kukuhkan Standar Baru Guru Al-Qur’an Lewat LSP dan JAMHATI

MONITOR, Jakarta - Gerakan pendidikan Al-Qur’an di Indonesia memasuki babak baru. Melalui Silaturahim Tilawati Nasional…

17 jam yang lalu

Guru Besar UIN Jakarta Soroti Tiga Dimensi Strategis Asta Protas Kementerian Agama

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama meluncurkan delapan program prioritas bertajuk Asta Protas untuk periode 2024–2029.…

17 jam yang lalu