NASIONAL

Hari Sumpah Pemuda 2024, Menpora Dorong Kreativitas dan Inovasi Pemuda Indonesia

MONITOR, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia. Oleh sebab itu, pentingnya peran pemerintah daerah dalam menggerakkan pelayanan kepemudaan melalui kebijakan dan program yang berkelanjutan, serta Rencana Aksi Daerah (RAD) yang berorientasi pada peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Perekonomian Satya Bhakti Parikesit, bertindak sebagai inspektur upacara dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024 di lingkungan Lembaga Kepresidenan di Halaman Parkir Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Senin 28 Oktober 2024.

Setelah itu, peserta upacara mendengarkan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928, dimana berbagai organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatra, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Batak Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia, bersatu dalam semangat kebangsaan.

“Pada saat ini bangsa Indonesia tengah memperingati sebuah peristiwa penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia yaitu Peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928. Sebuah peristiwa di mana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia,” ujar Satya Bhakti Parikesit saat membacakan amanat tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Menpora menyampaikan bahwa nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh generasi Sumpah Pemuda 1928 harus terus dihidupkan guna memperkuat kesadaran dan karakter bangsa dalam menghadapi perubahan yang cepat, serta menjaga eksistensi kebangsaan Indonesia secara berkelanjutan.

“Bulan Pemuda dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia mewujudkan target-target pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi, serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global,” ujarnya.

Menpora menekankan bahwa momen ini adalah waktu yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian lebih besar pada pengembangan kepemudaan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional, baik sebagai subjek maupun objek pembangunan.

Oleh karena itu, Menpora menekankan, sungguh tepat momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024 ini mengangkat tema Maju Bersama Indonesia Raya. Tema ini menyampaikan pesan untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera. Upaya ini, sambungnya, dilakukan dalam bentuk upaya pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasikan dengan sebaik-baiknya, baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah.

Menpora juga menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam menggerakkan pelayanan kepemudaan melalui kebijakan dan program yang berkelanjutan, serta Rencana Aksi Daerah (RAD) yang berorientasi pada peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

“Pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, marilah kita bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan,” tandasnya.

Upacara diikuti oleh para pegawai dan pejabat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Recent Posts

Beragam Aplikasi Diluncurkan Dukung Revitalisasi Industri Batik

MONITOR, Jakarta - Sebagai pusaka budaya, batik perlu terus dilestarikan keberadaannya sekaligus juga dikembangkan corak…

54 menit yang lalu

Kerjasama Maxim-Oppo Mudahkan Pengemudi Kredit HP Baru Bunga Nol Persen

MONITOR, Jakarta - Perusahaan penyedia layanan transportasi online Maxim resmi menjalin kerjasama dengan produsen perangkat…

60 menit yang lalu

Komitmen Tingkatkan Pelayanan, PT JMRB Gencarkan Berbagai Inovasi di Rest Area Travoy

MONITOR, Jakarta - PT Jasamarga Related Business (JMRB) terus berkomitmen meningkatkan pelayanan di seluruh Rest…

2 jam yang lalu

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Menag Minta Jajaran Support Kreativitas Anak Muda

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama RI menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di pelataran Gedung…

4 jam yang lalu

Usai Retret Kabinet, Nasaruddin Umar Kunjungi Kediaman Gus Dur

MONITOR, Jakarta -  Jajaran Kabinet Merah Putih telah usai mengikuti Retret di Magelang, Jawa Tengah.…

5 jam yang lalu

Partisipasi Hukum Dikalangan Anak Muda Dinilai Minim

MONITOR, Jakarta - Praktisi hukum dan aktivis Affandi Affan menyoroti minimnya partisipasi hukum di kalangan…

5 jam yang lalu