UMKM

Maman Abdurahman Ajak Semua Pihak Kolaborasi Majukan UMKM

MONITOR, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM Periode 2019-2024 Teten Masduki melakukan Serah terima jabatan (Sertijab) Menteri UMKM Periode 2024-2029 kepada Maman Abdurahman di Gedung SMESCO, Jakarta, Senin (21/10).

Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang didominasi UMKM. Dimana saat ini terdapat sekitar 60 juta pelaku UMKM, yang menciptakan lapangan kerja hingga 90 persen.

“Dalam kesempatan ini, saya memohon doa dan dukungan semua pihak baik di internal maupun eksternal Kementerian UMKM. Mari bersama memastikan UMKM merasakan kehadiran dan kontribusi Kementerian UMKM ini,” ujar Maman di gedung Smesco, Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Menteri Maman, mengajak semua pihak membangun kolaborasi positif dan secara riil memberikan kontribusi kepada 60 juta pelaku UMKM di Indonesia. Dan ia pun akan mengundang Mitra dari Komisi VII DPR.  

“Mulai dari Pertamina, PLN, MIND ID, BRI, BNI, Bank Mandiri, hingga perusahaan go public lainnya. Mereka siap berkontribusi untuk bersama-sama membesarkan UMKM dalam negeri,” ucapnya.

Menteri Maman mengimbau kepada seluruh pihak, untuk tidak khawatir meskipun Kementerian telah dipecah menjadi dua, tetapi tetap optimistis untuk tumbuh. Apalagi, target optimistis Pemerintahan Presiden Prabowo untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi menjadi 8 persen. 

“Dan ini perlu didukung dengan mengawal pertumbuhan dan kontribusi UMKM, yang menyumbang 90 persen tenaga kerja. Dan sebagian besar merupakan pekerja informal,” ujar Maman. 

Insya Allah jangan khawatir walaupun Kementerian dipecah dua, anggaran kecil tetapi cakupannya besar,” ujar Menteri Maman.

Sebelumnya Maman Abdurachman telah melakukan serah terima jabatan dan pisah sambut dengan Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) 2019-2024 Teten Masduki. Menurutnya, di bawah pimpinan MenKopUKM Teten dalam lima tahun ke belakang, sudah banyak kemajuan yang terjadi terhadap koperasi dan UMKM. 

“Saya di sini bertugas untuk memastikan transisi secara smooth, dengan apa yang sudah dibangun atau legacy dari Pak Teten. Apa yang sudah dibangun Pak Teten pasti akan saya lanjutkan,” kata Maman.

Sementara itu, Teten Masduki menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada Menteri UMKM Maman Abdurrahman. Ia mengatakan, dalam memperkuat ekonomi rakyat memang tak mudah alias banyak tantangan.

“Saya yakin Pak Maman bisa. Dengan latar belakang dan pengalaman di DPR, juga pengusaha, bisa lebih ngebut dari saya,” ujar Teten.

Untuk itu, Teten meyakini, dengan dipimpinnya Kementerian UMKM saat ini oleh Maman Abdurrahman. Di mana ia berharap UMKM akan terus tumbuh lebih maju.

Recent Posts

Agus Andrianto Merasa Terhormat Bergabung di Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan

MONITOR, Jakarta - Komjen. Pol. Drs. Agus Ndrianto resmi menjabar Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan (PAS)…

47 menit yang lalu

Usai Sertijab, PBNU Ormas Keagamaan Pertama yang Dikunjungi Menag Nasaruddin

MONITOR, Jakarta - Usai melakukan serah terima jabatan, Menteri Agama RI Nasaruddin Umar langsung berkunjung…

1 jam yang lalu

Pendaftaran Seleksi PPPK Kemenag Dibuka Hari Ini, Tahap I untuk Dua Kategori

MONITOR, Jakarta - Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka mulai 21 Oktober…

9 jam yang lalu

Gedung Baru SMPN 23 Tangsel Hadirkan Ruang Terbuka Ramah Lingkungan

MONITOR, Ciputat - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di…

9 jam yang lalu

Eks Angota Komisi VII DPR Pesimis Prabowo Mampu Wujudkan Swasembada Energi

MONITOR, Jakarta - Keinginan Presiden Prabowo Subianto untuk wujudkan swasembada energi, menurut Pembina Masyarakat Ilmuwan…

9 jam yang lalu

Hadiri Pelantikan Menteri Kabinet Prabowo, Puan Tekankan Bersama-sama Bangun Bangsa

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri pelantikan menteri dan kepala badan Kabinet…

11 jam yang lalu