Minggu, 20 Oktober, 2024

Prabowo dan Gibran Disumpah di Depan MPR RI

MONITOR, Jakarta – Sidang Paripurna MPR dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029 berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senin (20/10/2024). Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, membuka sidang yang dihadiri oleh 709 dari 731 anggota MPR, yang dinyatakan kuorum sesuai tata tertib.

“Dengan agenda tunggal pelantikan presiden dan wakil presiden Indonesia 2024-2029, sidang ini kami buka dan terbuka untuk umum. Sebagai insan beriman, kita bersyukur kepada Allah SWT atas terlaksananya pemilihan umum yang menghasilkan pemimpin baru,” ujar Ahmad yang juga Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra itu.

Ia mengungkapkan bahwa hari ini merupakan hari yang membahagiakan, karena Bangsa Indonesia kembali menorehkan tinta emas dalam demokrasi. Ia mengajak seluruh bangsa untuk menebar rasa syukur dan memupuk persatuan untuk Indonesia yang lebih baik.

Dalam prosesi tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mochammad Afifuddin, membacakan keputusan KPU yang menetapkan hasil pemilihan presiden (pilpres), dimana Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Setelah itu, Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan di hadapan anggota MPR.

- Advertisement -

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar, serta menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Presiden RI, Prabowo Subianto.

Setelah pengucapan sumpah, Ketua MPR menegaskan bahwa mulai saat itu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029.

“Dengan penuh rasa syukur, kita telah menyaksikan pengucapan sumpah. Kami berharap, Prabowo dan Gibran membawa visi besar serta kebijakan pro-rakyat, dan bersama-sama membangun demi kemajuan bangsa,” tutup Ketua MPR.

Sidang Paripurna tersebut berjalan dengan lancar dan penuh khidmat, dihadiri oleh para pejabat negara, duta besar, serta tamu undangan lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER