PARLEMEN

Fit and Proper Test Besok, Herindra Jadi Calon Tunggal Kepala BIN

MONITOR, Jakarta – DPR RI menerima surat presiden (Surpres) tentang permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Nama Wakil Menhan, Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra ditunjuk menjadi calon tunggal KaBIN untuk menggantikan Budi Gunawan.

Adapun soal pergantian KaBIN ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR melalui surat presiden RI Nomor 51 tanggal 10 oktober 2024. Surpres tersebut dibacakan Puan dalam Rapat Paripurna hari ini yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Proses pertimbangan pergantian KaBIN biasanya dilakukan oleh Komisi I DPR yang membidangi urusan pertahanan, intelijen, dan luar negeri. Namun Lantaran AKD belum terbentuk secara resmi, DPR sepakat membentuk tim untuk membahas pengangkatan Kepala BIN yang baru.

“Mengingat AKD belum terbentuk maka berdasarkan ketentuan pasal 111 dan 112 peraturan DPR RI nomor 1 tahun 2020 tentang tata tertib maka rapat konsultasi memutuskan membentuk tim yang dipimpin oleh pimpinan DPR,” kata Puan.

Tim yang dibuat ini nantinya akan bertugas untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kepala BIN. Dalam rapat paripurna ini, DPR juga telah menentukan komposisi tim yang terdiri atas:

Fraksi PDIP: Utut Adianto, Said Abdullah, Dolfie O.F.P

Fraksi Golkar: Muhammad Sarmuji, Muhtarudin, Sari Yuliati

Fraksi Gerindra: Budisatrio Djiwandono, Bambang Haryadi, Endipat Wijaya

Fraksi NasDem: Martin Manurung, Amelia Anggraini

Fraksi PKB: Jazilul Fawaid, Muhammad Rano Alfath

Fraksi PKS: Jazuli Juwaini, Sukamta

Fraksi PAN: Putri Zulkifli Hasan, Nasaruddin Dek Gam

Fraksi Demokrat: Edhie Baskoro Yudhoyono, Hinca Panjaitan

Puan lalu meminta persetujuan kepada anggota dewan terhadap pembentukan tim pemberian pertimbangan dalam pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN.

“Berkenaan dengan itu kami meminta persetujuan dalam rapat paripurna hari ini terhadap pembentukan tim dpr ri apakah dapat disetujui?” tanya perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Setuju,” jawab seluruh anggota dewan disusul dengan ketukan palu Puan tanda pengesahan kesepakatan.

Puan lalu mengatakan tim akan melakukan fit and proper test terhadap calon kepala BIN yang baru pada esok hari, Rabu (16/10).

“Nama-nama yang sudah diusulkan untuk ikut dalam tim pemberian pertimbangan dalam pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN yang akan dilaksanakan esok hari,” jelas Puan.

Dalam konferensi pers usai Rapat Paripurna, mantan Menko PMK itu mengungkap soal nama calon Kepala BIN pengganti Budi Gunawan. Puan menyatakan, Presiden Jokowi dalam suratnya hanya mencantumkan satu nama alias calon tunggal KaBIN, yakni M. Herindra yang pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus tersebut.

“Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi, Surpres Pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra,” ungkap cucu Bung Karno itu.

“InsyaAllah akan dilaksanakan fit and propernya atau pertimbangan dari DPR itu, InsyaAllah besok pagi di DPR,” tutup Puan.

Recent Posts

Baznas Luncurkan 10.000 Beasiswa Santri, Menag: Kado Hari Santri 2024

MONITOR, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merilis program 10.000 beasiswa santri. Pemberian beasiswa…

1 jam yang lalu

Pimpinan AKD Diumumkan Usai Prabowo Dilantik

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan pengumuman Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD)…

1 jam yang lalu

Rapat Paripurna Penetapan AKD, Komisi di DPR Sah Jadi 13

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin Rapat Paripurna DPR RI pengesahan jumlah…

2 jam yang lalu

Pemecatan Rudy Soik Dinilai Jadi Kemunduran Institusi Penegak Hukum

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menyoroti pemecatan Rudy Soik dari keanggotannya…

2 jam yang lalu

Kemenperin: Ekspor Industri Perhiasan Mendekati USD4 Juta

MONITOR, Jakarta - Industri perhiasan Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dapat terus berkembang, dengan…

3 jam yang lalu

Kementan Susun Peta Jalan Penyediaan Daging, Susu dan Telur Dukung Program Makan Bergizi Gratis

MONITOR, Jakarta — Kementerian Pertanian (Kementan) bersama kementerian/lembaga (K/L) terkait dan melibatkan berbagai pelaku usaha…

6 jam yang lalu