BUMN

Telkom Dukung Peningkatan Layanan IPC TPK Lewat OCA Interaction

MONITOR, Jakarta – Solusi digital terdepan Omni Communication Assistant (OCA) Interaction milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil membantu PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) meningkatkan efisiensi layanan pelanggan hingga 233%. Inovasi ini menunjukkan komitmen Telkom untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor, termasuk logistik dan pelabuhan, dengan menyediakan solusi teknologi yang mendukung operasional perusahaan secara optimal.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan layanan pelanggan yang cepat, efisien, dan personal semakin meningkat. Menjawab tantangan ini, Telkom menghadirkan OCA Interaction, sebuah platform komunikasi terintegrasi yang memungkinkan perusahaan seperti IPC TPK untuk mengelola interaksi pelanggan dengan lebih baik.

“OCA Interaction dirancang untuk membantu perusahaan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi cerdas yang dapat menyatukan berbagai saluran komunikasi dalam satu platform. Kami bangga bahwa solusi ini telah membantu IPC TPK meningkatkan efisiensi dan responsivitas mereka dalam menangani keluhan pelanggan,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.

OCA Interaction merupakan solusi komprehensif yang menggabungkan fitur-fitur canggih seperti chatbot AI, laporan interaksi, dan integrasi multi-channel. Di IPC TPK, platform OCA memungkinkan pengelolaan pesan dari berbagai saluran seperti WhatsApp dan email dalam satu dashboard terpusat. Pesan yang masuk secara otomatis didistribusikan ke agen Customer Service (CS) yang sesuai berdasarkan wilayah operasional yang berjauhan dan tersebar, tetapi bisa dengan mudah terkoneksi berkat OCA. Seperti agen di Jakarta, Pontianak, Lampung, Palembang, Padang, dan Jambi.

Dengan bantuan chatbot, tim CS IPC TPK berhasil menangani keluhan pelanggan dengan cepat, karena OCA Interaction mampu membantu untuk mengkategorikan pesan dan memfasilitasi proses distribusinya dengan lebih cepat dan efisien.

“Dengan menggunakan OCA Interaction, kami berhasil menangani jumlah keluhan dan pertanyaan hingga 233 persen. Bahkan, sekarang kami juga bisa merespons pelanggan dengan lebih cepat, tidak lebih dari 5 menit,” kata SPV Customer Service IPC TPK Dian Meirina.

Telkom terus berupaya untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor melalui solusi inovatif seperti OCA Interaction. Dengan menyediakan inovasi digital yang andal, Telkom membantu perusahaan seperti IPC TPK untuk mencapai tujuan bisnisnya, juga mendorong pengembangan ekosistem digital yang lebih luas di Indonesia.

“OCA Interaction adalah salah satu bentuk nyata dari upaya Telkom untuk mendukung transformasi digital di industri logistik dan pelabuhan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis dan masyarakat,” pungkas Komang.

Recent Posts

Pimpinan DPR Harap Idul Fitri Jadi Momen Berbagi Kepedulian Demi Wujudkan Kesejahteraan Sosial

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menyampaikan ucapan selamat Hari Raya…

23 jam yang lalu

DPR Desak Junta Myanmar Hentikan Pengeboman Warga Sipil Pasca Gempa 7,7 SR

MONITOR, Jakarta - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mengecam keras tindakan junta…

23 jam yang lalu

DPR Perkirakan Arus Balik Lebaran Berjalan Lancar dan Kondusif

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Rudianto Lallo memperkirakan arus balik Lebaran 2025…

1 hari yang lalu

Menag Ajak Umat Amalkan Nasihat selama Ramadan

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar menggelar open house Idulfitri 1446 H di rumah…

2 hari yang lalu

Guru Besar UIN Jakarta Sebut Puasa Mabrur Akan Membawa Indonesia Maju

MONITOR, Jakarta - Guru Besar UIN Jakarta Prof. Ahmad Tholabi Kharlie dalam khotbah Salat Idulfitri…

2 hari yang lalu

Khutbah Idul Fitri, Prof Rokhmin: Puasa Meningkatkan Kualitas Hidup dan Indonesia Emas 2045

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI 2024–2029, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS dalam khutbah…

2 hari yang lalu