BUMN

Telkom Dukung Peningkatan Layanan IPC TPK Lewat OCA Interaction

MONITOR, Jakarta – Solusi digital terdepan Omni Communication Assistant (OCA) Interaction milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil membantu PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) meningkatkan efisiensi layanan pelanggan hingga 233%. Inovasi ini menunjukkan komitmen Telkom untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor, termasuk logistik dan pelabuhan, dengan menyediakan solusi teknologi yang mendukung operasional perusahaan secara optimal.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan layanan pelanggan yang cepat, efisien, dan personal semakin meningkat. Menjawab tantangan ini, Telkom menghadirkan OCA Interaction, sebuah platform komunikasi terintegrasi yang memungkinkan perusahaan seperti IPC TPK untuk mengelola interaksi pelanggan dengan lebih baik.

“OCA Interaction dirancang untuk membantu perusahaan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi cerdas yang dapat menyatukan berbagai saluran komunikasi dalam satu platform. Kami bangga bahwa solusi ini telah membantu IPC TPK meningkatkan efisiensi dan responsivitas mereka dalam menangani keluhan pelanggan,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.

OCA Interaction merupakan solusi komprehensif yang menggabungkan fitur-fitur canggih seperti chatbot AI, laporan interaksi, dan integrasi multi-channel. Di IPC TPK, platform OCA memungkinkan pengelolaan pesan dari berbagai saluran seperti WhatsApp dan email dalam satu dashboard terpusat. Pesan yang masuk secara otomatis didistribusikan ke agen Customer Service (CS) yang sesuai berdasarkan wilayah operasional yang berjauhan dan tersebar, tetapi bisa dengan mudah terkoneksi berkat OCA. Seperti agen di Jakarta, Pontianak, Lampung, Palembang, Padang, dan Jambi.

Dengan bantuan chatbot, tim CS IPC TPK berhasil menangani keluhan pelanggan dengan cepat, karena OCA Interaction mampu membantu untuk mengkategorikan pesan dan memfasilitasi proses distribusinya dengan lebih cepat dan efisien.

“Dengan menggunakan OCA Interaction, kami berhasil menangani jumlah keluhan dan pertanyaan hingga 233 persen. Bahkan, sekarang kami juga bisa merespons pelanggan dengan lebih cepat, tidak lebih dari 5 menit,” kata SPV Customer Service IPC TPK Dian Meirina.

Telkom terus berupaya untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor melalui solusi inovatif seperti OCA Interaction. Dengan menyediakan inovasi digital yang andal, Telkom membantu perusahaan seperti IPC TPK untuk mencapai tujuan bisnisnya, juga mendorong pengembangan ekosistem digital yang lebih luas di Indonesia.

“OCA Interaction adalah salah satu bentuk nyata dari upaya Telkom untuk mendukung transformasi digital di industri logistik dan pelabuhan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis dan masyarakat,” pungkas Komang.

Recent Posts

Jaga Keberlanjutan Energi Transisi, Pertamina Kembali Temukan Sumberdaya Gas di Sulawesi

MONITOR, Sulteng - PT Pertamina Hulu Energi, selaku Subholding Upstream Pertamina, senantiasa mencari sumber minyak…

23 menit yang lalu

Kemenag Salurkan Bantuan Operasional Gereja Rp7,8 Miliar

MONITOR, Jakarta - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Ditjen Bimas Kristen) Kementerian Agama (Kemenag) telah…

3 jam yang lalu

Bebas Manggazali Janjikan Pemberian TPP Setiap Bulan Untuk ASN Polman

MONITOR, Polewali Mandar - Bebas Manggazali berjanji akan membayar Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Aparatur Sipil…

3 jam yang lalu

Knowledge Power Up, Telkom Lakukan Akselerasikan Budaya Belajar dan Inovasi Karyawan

MONITOR, Jakarta - Sebagai perusahaan BUMN telekomunikasi digital terdepan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)…

4 jam yang lalu

Waka DPR Nilai Perlu Evaluasi Konsep Pendidikan karena Banyak Masalah

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengharapkan adanya evaluasi secara menyeluruh…

6 jam yang lalu

Indeks KUB 2024 Naik Jadi 76,47

MONITOR, Jakarta - Indeks Kerukunan Umat Beragama (Indeks KUB) 2024 sebesar 76,47. Indeks ini naik…

7 jam yang lalu