HUMANIORA

Pemkot Tangsel dan UMJ Bersinergi Tingkatkan Kualitas Guru

MONITOR, Banten – Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) untuk meningkatkan kompetensi guru di seluruh jenjang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Deden Deni, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari program strategis Pemkot Tangsel untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yang mana guru menjadi ujung tombak dari upaya tersebut.

“Ini sesuai dengan program wali kota dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dan salah satunya tentu ujung tombaknya di guru dulu,” ujar Deden pada Rabu (02/10/2024).

“Supaya gimana pendidikan itu berkualitas tentunya ujung tombaknya di guru dulu, jadi kami harus menciptakan guru yang punya kompetensi, salah satunya ini dengan kegiatan di UMJ ini yaitu peningkatan kompetensi guru,” tambahnya.

Dalam penandatanganan tersebut, Deden menyebutkan bahwa kerja sama ini akan mencakup berbagai program strategis, termasuk pemberian beasiswa kepada guru dan kepala sekolah di berbagai tingkatan, mulai dari PAUD, TK, SD, hingga SMP.

Program ini diharapkan dapat membantu para pendidik melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam dunia pendidikan.

Tidak hanya fokus pada peningkatan kompetensi guru, Pemkot Tangsel juga memiliki program 1.000 sarjana bagi masyarakat yang hingga saat ini masih membuka kuota.

Program ini nantinya juga akan terintegrasi dalam kerja sama dengan UMJ, memungkinkan lebih banyak pendidik dan masyarakat umum untuk memanfaatkan kesempatan meningkatkan kualifikasi pendidikan mereka.

Kerja sama baru ini diharapkan dapat memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh UMJ untuk mendukung peningkatan mutu sumber daya manusia di Tangerang Selatan.

“Harapannya, ini kan jadi potensi yang luar biasa ya. UMJ tentunya sudah berkualitas, dan ini menjadi modal untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul di Tangerang Selatan. Dan kami yakin UMJ punya komitmen, punya tanggungjawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tangerang Selatan,” tuturnya.

Perjanjian kerja sama ini adalah yang pertama antara Dinas Pendidikan Tangsel dan Fakultas Pendidikan UMJ.

Meski demikian, UMJ sebelumnya telah bekerja sama dengan Pemkot Tangsel dalam berbagai bidang, seperti pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Recent Posts

F-PDIP Tunjuk Bambang Pacul Jadi Waka MPR, Puan: Banyak Pengalaman

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat atas pelantikan Pimpinan MPR periode…

3 jam yang lalu

DPD RI tetapkan Pimpinan MPR dari unsur DPD

MONITOR, Jakarta - DPD RI tetapkan Abcandra Muhammad Akbar Supratman Dapil Sulawesi Tengah sebagai Pimpinan…

3 jam yang lalu

Setop Buang Limbah B3 ke Wilayah Pesisir dan Lautan, Gunakan Zero-Waste Technologi

MONITOR, Jakarta - Pakar Kelautan dan Perikanan, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS meminta komitmen…

6 jam yang lalu

Airin Mundur, Okta Kumala Dewi Diharap Mampu Wakili Kepentingn Perempuan di Banten III

MONITOR, Jakarta - Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029 telah…

7 jam yang lalu

Indonesia Dinilai Mendesak Buat Buku Putih Pertahanan Antisipasi Perang Nuklir Skala Global

MONITOR, Jakarta - Ketua Komisi I DPR Periode 2005-2010 Mahfuz Sidik meminta pemerintah segera menyiapkan…

7 jam yang lalu

Begini Harapan Gen Z dan Milenial Saat Jadi Anggota DPR

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Periode 2024-2029 baru saja dilantik pada Selasa, 1 Oktober…

8 jam yang lalu