Minggu, 29 September, 2024

Bangun Muruah Kedewanan, Setjen DPR Siap Dukung Anggota DPR Terpilih

MONITOR, Jakarta – Sebagai institusi yang menjadi supporting system kedewanan, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI terus berupaya agar setiap produk yang dihasilkan adalah dalam rangka membangun muruah kedewanan. Tak hanya produk kebijakan, tetapi juga tiap perilaku, khususnya bagi Anggota DPR Terpilih periode 2024-2029.

Dukungan Setjen DPR tersebut juga terkait pembangunan keteladanan di keseharian. Sebab, hal itu menjadi kunci penting untuk menjaga muruah baik untuk institusi maupun pribadi.

Keteladanan tersebut hendaknya sudah dimulai saat pertama kali bertugas 1 Oktober 2024 atau saat pertama kali mengucapkan sumpah jabatan. Setiap anggota dewan, tambahnya, hendaknya menyadari bahwa perilaku atau tindak tanduknya selalu menjadi sorotan publik.

“Apa yang ditampilkan sebagai anggota DPR RI selalu menjadi sorotan. Jadi, harus selalu menampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan,” kata Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam sambutannya pada Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024-2029 di Gedung Lemhannas RI, Jakarta, Minggu (29/9/2024).

- Advertisement -

Menurut dia, setiap wakil rakyat harus memahami peran dan fungsi masing-masing, baik sebagai kader partai maupun pejabat negara. Ditambah lagi, dengan berbagai latar belakang pendidikan maupun pekerjaan yang berbeda-beda, pemahaman utuh sebagai pejabat publik yang dipilih rakyat harus benar-benar dijalankan dengan benar.

Oleh sebab itu, lanjut Indra, materi terkait pemantapan nilai-nilai kebangsaan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) yang bekerja sama dengan KPU menjadi modal utama serta mendasar untuk mulai bekerja nanti.

“Harapan kami, semua harus bersama-sama berjuang menjaga dan mengangkat muruah DPR agar lebih baik lagi ke depannya,” ujar dia.

Untuk itu, Sekretariat Jenderal DPR RI siap membantu dan mendukung segala kegiatan anggota DPR guna memfasilitasi ide, gagasan, dan kegiatan terkait dengan pembangunan bangsa dan negara.

Diketahui, Pemantapan Nilai-Nilai (Taplai) Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR Terpilih Periode 2024-2029 dilakukan di Jakarta dan Bogor selama 8 hari, mulai 21 hingga 29 September 2024.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 271 orang, terdiri atas calon anggota DPR dan DPD RI terpilih. Bagi anggota dewan yang sudah pernah ikut, tidak diwajibkan untuk ikut kembali.

Total peserta terbagi dalam Angkatan I dan II masing-masing 92 orang, serta Angkatan III 89 peserta. Dalam momen penutupan tersebut, seluruh calon anggota DPR RI pun mengucapkan sumpah komitmen bersama, baik Angkatan I, Angkatan II, dan Angkatan III.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER