Jumat, 27 September, 2024

DPR Gelar Rapat Paripurna Terakhir Senin, Puan Pastikan Seluruh Pekerjaan AKD Diselesaikan

MONITOR, Jakarta – DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna terakhir periode 2019-2024 pada Senin, 30 September mendatang. Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan seluruh pekerjaan DPR pada periode ini akan diselesaikan.

Jadwal dan agenda Rapat Paripurna terakhir DPR periode 2019-2024 itu diputuskan dalam Rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang dipimpin Puan siang ini, Kamis (26/9/2024), di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Rapim Bamus terakhir yang mana persiapan paripurna tanggal 30 September yang akan datang merupakan paripurna terakhir,” ujar Puan usai Rapat Bamus.

Selain soal agenda Rapat Paripurna terakhir, Bamus juga membahas mengenai pekerjaan-pekerjaan alat kelengkapan dewan (AKD) yang harus diselesaikan pada periode ini. Puan menegaskan, persiapan Rapat Paripurna sebelum masa jabatan DPR periode 2019-2024 berakhir dilakukan dengan maksimal.

- Advertisement -

“Jadi kami menyelesaikan hal-hal yang harus diselesaikan sebelum paripurna terakhir,” ungkap perempuan pertama yan menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Dari laporan pada rapat Bamus hari ini, Puan menyebut seluruh komisi dan AKD lain telah menyiapkan apa saja yang akan dibawa pada Rapat Paripurna nanti. Sebelum pergantian periode DPR pada 1 Oktober mendatang, DPR berupaya menyelesaikan pekerjaan yang dapat dirampungkan pada periode sekarang.

“Siap, Insyaallah kita akan selesaikan materi-materi yang sudah diselesaikan oleh seluruh komisi dan AKD untuk kita selesaikan pada tanggal 30 September yang akan datang,” jelas Puan.

Rapat Paripurna Senin nanti juga akan mendengarkan laporan dari sejumlah panitia khusus (pansus). Menurut Puan, Rapat Paripurna juga akan memutuskan sejumlah agenda berlanjut yang nantinya akan diteruskan oleh DPR periode 2024-2029.

“Ada agenda yang kemudian menjadi laporan dari Tim Pansus,” terang mantan Menko PMK tersebut.

“Kemudian ada juga rancangan undang-undang yang diminta untuk bisa diselesaikan pada pimpinan DPR atau komisi yang akan datang,” imbuh Puan.

Seperti diketahui, DPR periode 2019-2024 akan segera mengakhiri masa jabatannya. Sebanyak 580 anggota DPR periode 2024-2029 akan dilantik pada tanggal 1 Oktober 2024.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER