HUMANIORA

UIN Jambi Gelar Seminar Sistem Istinbath Hukum Islam dan Bahtsul Masail

MONOTOR, Jambi – Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menjadi tuan rumah acara seminar bertema Sistem Istinbath Hukum Islam dan Bahtsul Masail. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kementerian Agama Republik Indonesia, dan UIN STS Jambi. Seminar ini bertujuan untuk membahas isu-isu penting dalam sistem hukum Islam dan metode penetapan awal bulan hijriyah.

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. As’ad, M.Pd menceritakan Sejarah berdirinya kampus ini. “UIN STS Jambi sendiri memiliki sejarah yang panjang dalam pengembangan pendidikan Islam di Provinsi Jambi. Kampus ini lahir dari inisiatif para ulama pada tahun 1965, serta mendapat dukungan besar dari Nahdlatul Ulama (NU) melalui lembaga pendidikan Maarif dan organisasi Muhammadiyah, khususnya dari Pondok Pesantren Al Hikmah.

Sehingga kemudian berdiri IAIN STS Jambi pada tahun 1967” jelasnya.
Kemudian, pada tahun 2017, IAIN STS Jambi bertransformasi alih status baru sebagai universitas Islam negeri.As’ad menyebut pembangunan dan perkembangan UIN Jambi tidak terlepas dari kontribusi rektor-rektor sebelumnya yang berperan besar dalam membentuk visi institusi ini.

Prof. As’ad menambahkan, poin penting dari perjalanan kampus ini adalah pentingnya kerjasama dalam membangun institusi Pendidikan. “Semangat gotong royong dan keberkahan yang diusung oleh PBNU diharapkan dapat terus menguatkan pembangunan UIN Jambi di masa depan. Setiap orang tidak bisa bekerja sendiri, karena kita adalah sebuah supertim,” ujarnya.

Di tengah gempuran perguruan tinggi umum yang berlomba-lomba menjadi PTNBH, tugas besar rektor adalah menjaga kestabilan dan mempromosikan keunggulan UIN STS Jambi. Fenomena ini menjadikan branding UIN Jambi sebagai universitas yang mampu bersaing secara nasional dan internasional sangat penting. “Tidak ada perbedaan mendasar antara universitas umum dengan UIN, terutama dari segi fasilitas yang dimiliki,” ungkap Prof. As’ad.

Keynote speaker KH. Ahmad Said Asrori, menyampaikan seminar ini diikuti PBNU Jambi, Kepulauan Riau dan Riau. “Alhamdulillah seminar ini sudah dilaksanakan ketujuh kali.
Alasan mengapa seminar ini dilaksanakan di perguruan tinggi, sebab mahasiswa akan lebih bersemangat Ketika kita menyebut UIN. Itu membuktikan bahwa perguruan tinggi islam sama kualitasnya dengan perguruan tinggi umum,” ujar Katib Aam PBNU.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau, Riau, dan Jambi mengapresiasi seminar ini. Seminar ini diharapkan dapat menjadi salah satu pijakan penting bagi kanwil dalam mengembangkan sistem hukum Islam dan penetan awal bulan hijriyah.

Recent Posts

Tak Lagi Kumuh, Kementerian PUPR Sulap Kawasan Kawasan Lagasa di Kabupaten Muna

MONITOR, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terus melakukan peningkatan…

60 menit yang lalu

Ziarah ke Makam Imam Bukhari, Megawati Beri Pesan Haru Napak Tilas Bung Karno

MONITOR - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Imam Bukhari di Desa Khartang…

2 jam yang lalu

Moderasi Beragama Basis Keharmonisan Beragama dan Berbangsa

MONITOR, Manado - Moderasi beragama merupakan basis perspektif yang harus dimiliki oleh setiap umat beragama…

3 jam yang lalu

Indeks Kepuasan Haji 88,20, BPS: Sangat Memuaskan

MONITOR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2024…

3 jam yang lalu

KPI Dumai Komitmen Kelola Air Secara Berkelanjutan

MONITOR, Dumai - Air merupakan salah satu aspek kebutuhan paling esensial bagi kelangsungan hidup setiap orang,…

5 jam yang lalu

Kementerian PUPR Selesaikan Revitalisasi Kawasan Kota Lama Kesawan

MONITOR, Jakarta - Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu sektor vital yang memiliki peran signifikan…

14 jam yang lalu