PENDIDIKAN

Rektor UIN Sumut Nurhayati Bawa Enam Prodi Raih Akreditasi Unggul

MONITOR, Jakarta – Lebih kurang setahun sudah Nurhayati mengemban amanah untuk memimpin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) setelah dilantik Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 9 Mei 2023. Berbagai torehan prestasi dicapai oleh Nurhayati bersama civitas akademika UIN Sumut. Belum lama ini, beberapa Program Studi (Prodi) UIN Sumut meraih akreditas unggul.

“Alhamdulillah, di masa kepemimpinan saya, UIN Sumut sudah meraih akreditas unggul untuk enam Prodi. Ini semua berkat kerja keras, kerja sama dan kerja tim yang baik dari seluruh stakeholder kampus. Tanpa kebersamaan kerja semua tim civitas akademika sulit meraih capaian ini,” kata Rektor UIN Sumut, Nurhayati, di Medan, Jumat (20/9/2024).

“Sampai saat ini sudah ada 13 Prodi yang akreditas Unggul. Kita terus upayakan Prodi-prodi lainnya meraih akreditas unggul,” sambung Nurhayati didampingi WR I Azhari Akmal Tarigan, WR II Abrar M. Dawud Faza.

Nurhayati menyampaikan bahwa selama menakhodai UIN Sumut memang bukan pekerjaan mudah, namun dengan kebersamaan bersama civitas akademika berbagai tantangan terlewati dengan baik dan prestasi demi prestasipun diraih.

“Saat ini pun, bebera mahasiswa kita yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) menorekah prestasi. Ada yang mendapatkan emas dan perak,” kata Nurhayati.

Wakil Rektor I, Azhari Akmal Tarigan menyampaikan bahwa UIN Sumut setahun terkahir ini sudah banyak meraih prestasi. Misalnya, sepuluh tahun lalu, kampus UIN Sumut baru ada tujuh Prodi yang berstatus akreditas unggul.

“Dalam satu tahun terkhir ini, dibawah kepemimpinan Ibu Rektor Nurhayati, kita berhasil meraih enam Prodi akreditasi unggul. Ibu Rektor memang all out dalam proses akreditas unggul ini. Saat ini juga kita masih ada Prodi dalam proses akreditas Unggul,” kata Azhari Akmal Tarigan.

Berikut ini Prodi Akreditas Unggul yang diraih UIN Sumut :

1. Tadris Biologi – S1
2. Pendidikan Bahasa Arab -S1
3. Pendidikan Agama Islam -S2
4. Perbankan Syariah – S1
5. Ekonomi Syariah – S3
6. Ilmu Perpustakaan -S1

Recent Posts

Pilot Susi Air Bebas dari Sandera KKB, Komisi I DPR Sebut Soft Approach Jadi Strategi Tepat

MONITOR, Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan pendekatan soft approach yang…

2 jam yang lalu

Analis Apresiasi Pembebasan Pilot Susi Air

MONITOR, Jakarta - Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo…

4 jam yang lalu

Janji Pramono Anung Garansi Masalah Kampung Bayam Bisa Tuntas Dalam Sebulan

MONITOR, Jakarta - Ketua Kelompok Tani Kampung Bayam Madani, Muhammad Furqon, menyampaikan keresahannya pada calon…

6 jam yang lalu

Momen Megawati Terima Penganugerahan Gelar Profesor Kehormatan dari Silk Road International University Uzbekisktan

MONITOR - Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri kembali mendapat anugerah gelar Profesor Kehormatan di Bidang…

7 jam yang lalu

Kemenag Siapkan Manajemen Talenta Mahasiswa PTKI

MONITOR, Jakarta - Kemenag tengah mematangkan konsep manajemen talenta nasional bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan…

8 jam yang lalu

Komisi IX DPR: Setop Peredaran Minuman Keras ‘Es Moni’ Agar Trennya Tak Menjamur!

MONITOR, Jakarta - Komisi IX DPR meminta Pemerintah bersama aparat berwajib gencar melakukan razia terhadap…

11 jam yang lalu