BERITA

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, PT JTT Siapkan Layanan Transaksi Optimal Arah Trans Jawa

MONITOR, Bakasi – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) sebagai perusahaan pengelola ruas jalan tol sepanjang Trans Jawa siapkan layanan transaksi optimal arah Trans Jawa jelang Periode Libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

Adapun jalan tol tersebut tersebar di Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sepanjang 676 KM meliputi Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Layang Mohamed Bin Zayed, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C, Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Tol Solo-Ngawi, Jalan Tol Ngawi-Kertosono, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Surabaya-Gempol, Jalan Tol Gempol-Pasuruan, Jalan Tol Gempol-Pandaan, dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

Sepanjang tol Trans Jawa ini, PT JTT mengoperasikan 114 gerbang tol dengan 716 gardu layanan transaksi yang terdiri dari 201 gardu akses masuk atau entrance, 269 gardu akses keluar atau exit, dan 246 gardu akses terbuka atau open system.

Direktur Bisnis PT JTT Pratomo Bimawan Putra menjelaskan kesiapan gerbang dan gardu tol agar tetap optimal dalam menghadapi Periode Libur Maulid Nabi Muhammad SAW. “Jelang Periode Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, PT JTT melakukan pemeliharaan terhadap gerbang dan gardu tol layanan transaksi. Pemeliharaan yang dilaksanakan yaitu perawatan rutin terhadap gardu transaksi untuk memastikan gardu tol di ruas jalan tol Trans Jawa dapat beroperasi 100% serta memastikan waktu transaksi sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal jalan tol,” jelas Bima.

Bima menambahkan, “Dalam pengoperasian gardu layanan transaksi dibuka siaga selama 24 jam yang dibagi menjadi 3 periode waktu atau shift. PT JTT selalu memastikan kondisi gardu layanan transaksi berfungsi secara normal agar proses layanan transaksi dapat berjalan dengan lancar,” tambah Bima.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi jika terjadi kepadatan lalu lintas kendaraan, PT JTT juga berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk melakukan rekayasa lalu-lintas seperti contra flow secara situasional. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelancaran dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna jalan tol.

Di sepanjang tol Trans Jawa juga tersedia layanan tempat istirahat yang berfungsi sebagai tempat beristirahat untuk melepas lelah bagi para pengemudi dan penumpang setelah melakukan perjalanan panjang. PT JTT menyediakan total sebanyak 40 tempat istirahat atau rest area. Terdapat beberapa fasilitas di tempat istirahat ini seperti pujasera, minimarket, toilet umum, SPBU, ATM, bengkel, dan fasilitas topup uang elektronik untuk Tipe A dan fasilitas minimarket, toilet, ATM, serta fasilitas topup uang elektronik untuk Tipe B. Guna menghadapi Periode Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, PT JTT terus berkoordinasi guna memastikan kesiapan dan kelayakan tempat istirahat tersebut. Upaya yang dilakukan yaitu dengan memastikan kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet di rest area, memastikan ketersediaan BBM, serta menyiapkan manajemen arus lalu lintas di rest area.

PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Jika lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan. Tetap berhati-hati dan menaati peraturan yang berlaku di jalan tol.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.3 untuk pengguna iOS dan Android.

Recent Posts

Inilah 7 PLBN yang Rampung Dibangun dalam Kurun Waktu 2019-2024

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya…

4 jam yang lalu

CPNS Kemenag 2024, 319.255 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) hari ini mengumumkan pelamar yang lolos seleksi administrasi Calon…

4 jam yang lalu

Catatan Puan Pada Kasus Kekerasan Seksual di Kampus Harus Jadi Peringatan Bagi Perguruan Tinggi

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti masih banyaknya kasus kekerasan seksual di…

6 jam yang lalu

Legislator Nilai Cakada Tunggal Rusak Demokrasi dan Kegagalan Parpol

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus menilai maraknya calon tunggal dalam Pemilihan…

8 jam yang lalu

Wamentan Sudaryono Dorong Pengusaha Nasional Bergerak Gunakan Layanan Teknologi

MONITOR, Jakarta - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mendorong para pelaku usaha nasional untuk bergerak…

9 jam yang lalu

Soal Bullying di Binus Simprug, Komisi X Khawatir Aparat Sering Masuk Sekolah

MONITOR, Jakarta - DPR RI menyoroti kasus perundungan di SMA Binus Simprug yang diduga dilakukan…

10 jam yang lalu