Selasa, 17 September, 2024

Sambut HPN 2024, Jasa Marga Hadirkan Inovasi Pelayanan Berbasis Teknologi dan Tingkatkan Responsivitas Kepada Pelanggan

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2024, PT Jasa Marga (Persero) Tbk semakin meningkatkan kualitas layanan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Sejalan dengan tema Hari Pelanggan Nasional tahun ini “AI Membuat Pelayanan Pelanggan Lebih Responsif & Personal” Jasa Marga mengintegrasikan teknologi AI dalam sistem pelayanan jalan tol untuk menciptakan pengalaman yang lebih responsif dan personal bagi pengguna jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna jalan yang semakin dinamis, Jasa Marga mengimplementasikan pelayanan berbasis teknologi dalam berbagai aspek operasionalnya. Salah satu inovasi yang dibangun dan dikembangkan yaitu Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) yang merupakan pusat pengendalian lalu lintas serta pengelolaan data dan pendistribusian informasi terkini di jalan tol Jasa Marga Group kepada pengguna jalan tol dan stakeholder terkait.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, Jasa Marga merupakan operator jalan tol pertama di Indonesia yang mengimplementasikan Intelligent Transportation System (ITS). Teknologi ini terus dikembangkan oleh Jasa Marga melalui super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) yang digunakan oleh petugas JMTC untuk menjawab kebutuhan dalam pengelolaan pelayanan jalan tol yang terintegrasi sekaligus menjadi sumber dari pusat informasi lalu lintas.

“Tidak hanya digunakan oleh petugas Jasa Marga, informasi rekayasa lalu lintas dan kondisi lalu lintas terkini di Jalan Tol Jasa Marga Group tersebut juga dapat diakses langsung oleh pengguna jalan yang membantu mereka dalam merencanakan perjalanan. Pengguna jalan dapat mengakses informasi tersebut melalui aplikasi Travoy yang memiliki fitur CCTV Real Time, Tarif Tol, Resi Digital, Travoy Journey, event lalu lintas yang dilengkapi dengan push notification, hingga layanan customer care berbasis AI melalui fitur Chat Us” ujar Lisye.

- Advertisement -

Melalui aplikasi Travoy, seluruh pengguna jalan dapat mengakses aplikasi untuk mendapatkan setiap perkembangan informasi di jalan tol Jasa Marga Group selama 24 jam. Aplikasi Travoy mempermudah mobilitas masyarakat yang sehari-harinya menggunakan jalan tol sehingga mendapatkan rute terbaik dengan informasi terkini jalan tol yang sangat lengkap. Hingga Semester I 2024, tercatat 613 ribu user telah mengunduh aplikasi Travoy sebagai asisten perjalanan di jalan tol.

Lisye menambahkan, implementasi inovasi teknologi adalah langkah strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hari Pelanggan Nasional 2024 menjadi momentum bagi Jasa Marga untuk terus berinovasi. Penerapan teknologi tidak hanya membuat pelayanan lebih cepat dan efisien, tetapi juga memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi setiap pengguna jalan tol Jasa Marga Group.

Tidak hanya itu, Jasa Marga mengadaptasi Advanced Traveler Information System (ATIS) yang merupakan sub system dari ITS yang dikembangkan oleh Perusahaan. Dengan ATIS, pengguna jalan akan mendapatkan pengalaman baru ketika berkendara di jalan tol dengan mendapatkan informasi secara akurat dan real time baik sebelum maupun saat melakukan perjalanan.

Penerapan teknologi ATIS sendiri dimulai dari proses input data dari berbagai sumber data yang dimiliki oleh Jasa Marga seperti alat Traffic Counting berbasis microwave (radar), CCTV, laporan sentra komunikasi regional, laporan petugas Jasa Marga dan Kepolisian di lapangan hingga laporan pengguna jalan.

Selain itu, dalam meningkatkan layanan Jasa Marga juga menggunakan teknologi Traffic Counting berbasis Microwave dan CCTV Analytic berbasis AI untuk memantau volume per kapasitas jalan untuk pengambilan keputusan pelaksanaan rekayasa lalu lintas, serta mendeteksi adanya gangguan atau kecelakaan di jalan tol sehingga dapat dilakukan penanganan secara cepat.

Dengan langkah-langkah strategis ini, Jasa Marga menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik yang berfokus pada pelanggan, sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman. Sebagai perusahaan jalan tol terbesar di Indonesia, Jasa Marga akan terus berupaya menjadi yang terdepan dalam memberikan layanan yang tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui harapan pelanggan, dengan tetap mengedepankan prinsip keberlanjutan dan tata kelola perusahaan yang baik. Komitmen ini merupakan landasan bagi Jasa Marga dalam membangun masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER