Selasa, 17 September, 2024

Mahasiswa Semester 2 UIN Jakarta Terbitkan Enam Buku

MONITOR, Jakarta – Sebanyak 6 (enam) buku yang ditulis oleh mahasiswa semester 2 (dua) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah terbit. Keenam buku tersebut berjudul “Islam dan Ilmu Pengetahuan” sebanyak 3 judul, “Biografi Tokoh-Tokoh Islam di Indonesia Beserta Kontribusinya”, “Tokoh Ilmuan Muslim”, dan “Biografi Tokoh-Tokoh Islam di Bidang Keagamaan”, masing-masing 1 judul. Semua buku itu ditulis dan diedit oleh mahasiswa pada program studi Pendidikan Bahasa Arab dalam mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan semester genap tahun akademik 2023/2024 yang diampu oleh Dr. Suwendi, M.Ag.

Koordinator penulisan buku, Nabila Ramdhani Sihab, mahasiswi semester 2 kelas C Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, menyatakan, “Buku-buku ini berasal dari makalah dan tugas-tugas mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan pada 3 kelas yang diampu oleh Bapak Suwendi. Beliau sangat inspiratif dan menekankan betul agar kami para mahasiswa harus mampu menulis dan menghasilkan karya. Kami sangat bersyukur mendapat kesempatan ini serta tentu, kami semua sangat berterima kasih atas pengalaman yang sangat berharga ini”.

Vhebe Angela Balkist, salah satu editor buku dan mahasiswi semester 2 kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, menyatakan, “Pak Suwendi tidak hanya mengajarkan kami untuk menulis dan menghasilkan buku, tetapi juga dalam mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan yang beliau dampingi, kami juga diajarkan penelitian tentang isu-isu integrasi ilmu di UIN Jakarta. Bahkan, kami juga diperkenalkan tentang jurnal ilmiah dan bagaimana menulis dan mensubmit ke jurnal tersebut. Alhamdulillah, beberapa draft artikel yang kami buat telah disubmit ke jurnal ilmiah tersebut”, ungkap Vhebe Angela Balkist.

Arham Syakir Jamaluddin, mahasiswa asal Malaysia yang ikut dalam mata kuliah sama pada kelas B juga memberikan kesan positif. “Sebagai mahasiswa yang berasal dari Malaysia, saya mendapatkan pengalaman berharga mengikuti mata kuliah ini. Bagaimana saya diajak untuk berdiskusi, menulis, meneliti, dan menyajikan artikel untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah. Luar biasa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta. Saya senang sekali,” ungkap Arham.

- Advertisement -

Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Tholabi,, S.Ag., S.H., M.H., M.A., memberikan apresiasi dan penghargaan atas produktivitas ini. “Budaya menulis harus kita tumbuhkan sejak mahasiswa sebagai bagian dari karakter budaya akademik UIN Jakarta. Dalam banyak hal, orang akan menjadi besar jika ia memiliki kemampuan dalam menulis. Tentu, saya sangat mengapresiasi atas capaian ini, terlebih ini dihasilkan oleh mahasiswa yang baru semester 2 dan patut dicontoh oleh yang lain. Selamat untuk mahasiswa yang telah mampu menghasilkan buku ini”, ungkap guru besar hukum UIN Jakarta.

Hal senada juga diungkap oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta, Prof. Siti Nurul Azkiyah, M.Sc., Ph.D. “Saya sangat bangga atas terbitnya 6 (enam) buku ini. Saya mengajak semua dosen dan mahasiswa agar terus dan tidak berhenti untuk menulis. Ini legacy yang luar biasa. Semester 2 (dua) sudah bisa bikin buku. Semoga semakin banyak karya inovatif dosen dan mahasiswa yang lahir dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta”, ungkap sang Dekan.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Mukhshon Nawawi, M.A, merasa bersyukur atas lahirnya buku ini. “Saya bersyukur dan berterima kasih atas terbitnya 6 (enam) buku ini. Karya-karya seperti ini patut untuk kita teladani bersama. Terima kasih untuk semuanya ya”, ungkap Kaprodi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER