BERITA

Kankemenag Lingga Lakukan Akad Ikrar Wakaf di Atas Perahu LANTERA

MONITOR, Jakarta – Masyarakat Dusun Pasir Panjang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kep. Riau mendapat kesempatan untuk melakukan akad ikrar wakaf di atas Perahu Layanan Terapung Keagamaan (LANTERA), Selasa (6/8/2024). Inisiatif ini merupakan bagian dari pelayaran LANTERA trip II, yang digulirkan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lingga untuk mendekatkan layanan keagamaan kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil.

Kasi Bimas Islam Kemenag Lingga, Abdurokhman, menekankan pentingnya akad ikrar wakaf di atas perahu sebagai langkah untuk mengamankan aset wakaf umat. “LANTERA akan terus menyisir pulau-pulau untuk mendata masyarakat yang ingin mewakafkan hartanya,” ujarnya.

Selain ikrar wakaf, Perahu LANTERA juga menyediakan berbagai layanan keagamaan lainnya, termasuk pernikahan, konsultasi keagamaan, dokumen pernikahan, izin operasional rumah ibadah, sertifikat halal, dan layanan haji. Hal ini menjadikan LANTERA sebagai solusi penting bagi masyarakat yang kesulitan mengakses layanan di Kantor Kemenag Lingga.

“Kondisi geografis wilayah kepulauan membuat masyarakat kesulitan mengakses layanan di Kantor Kemenag Lingga. Oleh karena itu, kami membawa layanan langsung kepada mereka melalui LANTERA,” jelas Abdurokhman.

Kepala Kantor Kemenag Lingga, Muhammad Nasir, menggarisbawahi pentingnya peningkatan layanan LANTERA. Sejak diluncurkan pada tahun 2023, Perahu LANTERA telah melayani 24 gugusan pulau di Kabupaten Lingga. “Kita harus melengkapi perahu dengan fasilitas pendukung seperti genset, printer, dan mesin fotokopi mini, mengingat ketersediaan listrik di pulau-pulau belum 24 jam,” ujar Nasir.

Terpisah, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Waryono Abdul Ghafur, mengapresiasi inovasi LENTERA. Menurutnya MoU Menteri Agama dan Menteri ATR Nomor 16 Tahun 2021 telah menandai lahirnya langkah-langkah strategis akselerasi percepatan sertifikasi wakaf di masing-masing kabupaten/kota.

“Kita siapkan sistem agar inovasi ini dapat direplikasi ke daerah lain. Saya kira ini bagian dari komitmen kita memajukan perwakafan di Indonesia,” ujarnya.

Waryono menambahkan, ke depan layanan LENTERA ini akan didukung e-AIW sebagai portal penerbitan sertifikat wakaf oleh KUA. Pelayaran LANTERA trip II kali ini akan menjangkau Pasir Panjang, Mabung, Batu Merah, dan Tukul, berlangsung pada 5 hingga 8 Agustus 2024.

Recent Posts

Dukung Program TKMP Kemenaker, Universitas Pancasila gelar Bimtek Pendamping

MONITOR, Jakarta - Universitas Pancasila mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Tenaga Kerja RI sebagai pelaksana swakelola…

2 jam yang lalu

Tersangka Pemerkosa Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD, Komisi III DPR: Cederai Keadilan!

MONITOR, Jakarta - Seorang tersangka pelaku pemerkosa anak berinisial HA dilantik menjadi Anggota DPRD Singkawang,…

2 jam yang lalu

Jokowi Resmikan Jalan Tol Kartasura-Klaten

MONITOR, Boyolali - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko…

3 jam yang lalu

Kemenag Salurkan Bantuan SBSN untuk 1.447 Madrasah

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama sejak 2018 terus berupaya meningkatkan sarana prasana madrasah melalui skema…

4 jam yang lalu

DPR Tak Setuju Kebijakan Ekspor Pasir Laut: Pulau-Pulau Kecil Bisa Hilang Lagi!

MONITOR, Jakarta - DPR RI menyatakan sikap tidak setuju dengan kebijakan Pemerintah yang membuka kembali…

6 jam yang lalu

Kelas Menengah Turun, Mardani Dorong Regulasi ‘Bahagiakan’ Warga Agar Kembangkan Ekonomi Rakyat

MONITOR, Jakarta - DPR RI mendorong regulasi untuk mengembangkan perekonomian rakyat di seluruh daerah guna…

6 jam yang lalu