Selasa, 17 September, 2024

22 Pegawai Kemenag Ikuti ASN Award 2024, Sekjen: Bersiap dan Percaya Diri

MONITOR, Jakarta – Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag mengirim 22 peserta pada ASN Award 2024. Ajang ini digelar Kementerian PAN-RB selama tiga hari, 28-30 Juli 2024 di Kampus LAN, Jakarta.

Sebanyak 22 wakil Kemenag ini berasaldari berbagai unit kerja, mulai dari guru madrasah, guru PAI berbagai agama, dan administrator dari Kemenag Kabupaten. Sebelum berlaga, mereka mendapat motivasi dan pembekalan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, M. Ali Ramdhani.

“Peserta ASN Award 2024 wakil Kemenag agar benar-benar menyiapkan diri dengan baik dan percaya diri tinggi. Jangan kesankan ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan dewan juri,” pesan Kang Dhani .panggilan akrabnya, di Jakarta, Minggu (28/7/2024).

“Kalau toh ada pertanyaan tidak dimengerti jawabannya, jangan pula syok tahu. Prinsipnya, salah boleh, berbohong jangan ” sambungnya.

- Advertisement -

Mantan Dirjen Pendidikan Islam yang humoris ini juga berpesan bahwa menjadi wakil Kemenag dalam ASN Award 2024 merupakan kebanggaan. Sebab, mereka terpilih dari ratusan ribu ASN Kemenag.

“Ini kebanggaan tersendiri. Kalau toh nanti bapak/ibu belum mempersembahkan award ini, setidaknya bapak/ibu menjadi teladan bagi anak, pasangan, keluarga, sekolah, atau wilayah masing-masing,” tuturnya.

“Jangan berkecil hati jika nanti di antara bapak/ibu belum bisa peroleh penganugerahan ASN Award 2024. Yang penting, usahakan tampil yang terbaik saat dewan juri bertanya atau memberikan tugas penilaian,” katanya.

Direktur GTK Madrasah yang mengisi sesi pembekalan psikologis peserta ASN Award 2024 dari Kemenag, menegaskan bahwa kompetisi ini menilai aspek integritas, inisiatif, inovasi, kepeloporan, pengelolaan perubahan, dan respek kepada orang lain.

“Saya menduga, dalam kompetisi ASN Award nanti akan dinilai terkait integritas, inisiatif, inovasi, kepeloporan, pengelolaan perubahan, dan respek kepada orang lain. Parameter itu akan dijadikan penilaian dewan juri,” tuturnya.

Sebagai bekal. Dosen Pascasarjana SKSG Universitas Indonesia ini menjelaskan empat level guru. Pertama, medium teacher, yaitu guru yang hanya mampu membacakan/menyampaikan ilmunya kepada anak didik. Kedua, good teacher, guru yang mampu menjelaskan. Ketiga, exellent teacher, guru yang mampu mendemonstrasikan. “Keempat, great teacher, guru yang mampu menginspirasi anak didik dan orang lain,” jelasnya.

“Yang dicari dalam ASN Award 2024 ini pasti guru-guru inspiratif sehingga mampu membuat perubahan bagi lingkungannya”, tutupnya.

Berdasarkan catatan panitia, pelaksanaan ASN Award 2024 yang diwakili Kementerian Agama terdapat tiga kategori, yaitu administrator terbaik, guru terbaik, dan guru inklusi terbaik.

Hadir dalam kesempatan pembekalan ASN Award 2024 selain Sekjen Kemenag, juga Kasubdit GTK RA, Zulpan Syarif Hasibuan, Kasubag TU GTK Madsarah, Brury, dan panitia teknis lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER