Minggu, 8 September, 2024

KemenKopUKM Dukung Peran dan Kontribusi Koperasi Sejahterakan Masyarakat di Daerah

MONITOR, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mendukung peran dan kontribusi koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dalam mendongkrak perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM) Arif Rahman Hakim menyampaikan, Pemerintah ingin mewujudkan koperasi sebagai ekosistem yang mampu mengkonsolidasi serta mengakselerasi peran UMKM agar tumbuh lebih kuat, sehingga memiliki daya saing tinggi.

“Koperasi di tengah himpitan krisis dan serba ketidakpastian hari ini, harus semakin ‘agile’. Yakni, memiliki kemampuan adaptasi lebih cepat, inovatif, dan akuntabel, sehingga dapat memberikan manfaat lebih besar kepada anggota dan lingkungannya,” ucap Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim dalam acara Peringatan Hari Koperasi (Harkop) Ke-77 Tahun 2024 sekaligus Penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) antara Pemerintah Kota Surabaya dengan KemenKopUKM terkait integrasi Aplikasi Online Data System (ODS) Koperasi dengan Aplikasi Awasi Boyo Pemkot Surabaya di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/7/2024).

Dengan semangat Hari Koperasi Ke-77, SesKemenKopUKM mengimbau, para pengurus koperasi agar terus meningkatkan pengetahuan, memperkokoh organisasi supaya koperasi lebih mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi.

- Advertisement -

“Teruslah melakukan inovasi dan akselerasi bagi semua pelaku usaha. Dengan model dan jenis koperasi yang tepat untuk terus dikembangkan. Koperasi mendorong potensi lokal untuk bisa diolah dengan baik melalui hilirisasi,” ujarnya.

Dalam konteks koperasi pemberdaya, sesuai dengan tagline Hari Koperasi ke-77 saat ini, koperasi pemberdaya menjadi sangat penting, karena tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi, tetapi juga pada pemberdayaan anggotanya. 

Mereka berperan dalam meningkatkan kapasitas dan keterampilan anggotanya, memberikan akses kepada sumber daya yang diperlukan, serta menciptakan jaringan kolaboratif yang saling mendukung.

“Koperasi pemberdaya mampu menjadi solusi konkret bagi ekonomi mikro dan kecil. Mereka membantu para pelaku usaha kecil dalam meningkatkan produktivitas, mengakses pasar yang lebih luas, dan mendapatkan dukungan finansial yang diperlukan,” ucap SesKemenKopUKM.

Ia menegaskan, koperasi pemberdaya tidak hanya berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, tetapi juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kata Arif, perlu memperkuat tiga aspek penting yakni, konsolidasi, akselerasi, dan eskalasi. Konsolidasi melibatkan penguatan internal koperasi melalui peningkatan kapasitas pengelolaan, transparansi, dan akuntabilitas. 

Akselerasi, mengacu pada percepatan pertumbuhan koperasi melalui inovasi dan diversifikasi usaha, dengan koperasi terus berinovasi dalam produk dan layanan serta mencari peluang bisnis baru yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggotanya. 

Kemudian, eskalasi, berfokus pada peningkatan skala operasional koperasi untuk mencapai dampak yang lebih luas, yang dapat dilakukan melalui kerja sama antar koperasi, kemitraan dengan sektor swasta, dan dukungan dari pemerintah, sehingga koperasi dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada anggotanya dan masyarakat luas.

“Di perayaan Hari Koperasi kali ini, mari kita tingkatkan komitmen dalam memajukan koperasi sebagai ekosistem yang mendukung ekonomi mikro dan kecil. Mari kita bersama-sama bekerja keras, berinovasi, dan berkolaborasi untuk mewujudkan koperasi yang sehat, kuat, dan mandiri, serta berkontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi Indonesia menuju era emas,” ucapnya.

Hadir di acara yang sama, Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang menuturkan, sesuai Pancasila, koperasi merupakan wujud ekonomi gotong royong untuk mempermudah meraih modal usaha dan menyelesaikan permasalahan.

“Sebesar 40 persen anggaran padat karya di Surabaya dikerjakan oleh koperasi, sehingga menggerakkan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan. Koperasi tak bisa dilepaskan. Uang yang berputar bergerak di Kota Surabaya berasal dari koperasi dan UMKM. Hasilnya, kemiskinan dan stunting turun, salah satunya melalui gerakan koperasi,” ucap Eri.

“Koperasi menjadi bagian besar menyumbang bagi kemakmuran, kemashlahatan umat, dan kesejahteraan masyarakat Surabaya,” katanya.

Integrasi Data

Dalam perayaan Harkopnas Ke-77 di Surabaya, juga digelar peluncuran Aplikasi Awasi Boyo Pemerintah Kota Surabaya dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) antara Pemerintah Kota Surabaya dengan KemenKopUKM terkait integrasi Aplikasi Online Data System (ODS) Koperasi dengan Aplikasi Awasi Boyo Pemkot Surabaya.

SesKemenKopUKM Arif Rahman Hakim menegaskan, dalam istilah teknologi informasi, agile adalah suatu metodologi pengembangan software yang dilakukan dengan sistem kolaborasi antar tim secara terstruktur dan terorganisir. 

“Tentunya semangat ini sejalan dengan semangat kita bersama dalam rangka integrasi dan interoperabilitas data koperasi, melalui Online Data System (ODS) KemenKopUKM dengan Aplikasi Awasi Boyo Pemerintah Kota Surabaya,” ujarnya.

Ia menekankan, proses tersusunnya nota kesepakatan dan integrasi sistem ODS Koperasi dan Awasi Boyo relatif cepat, dengan kolaborasi dan komunikasi yang intens antara tim KemenKopUKM dengan Dinkopdag Kota Surabaya. 

Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara SPBE Summit Tahun 2024 bulan Mei lalu yang menitipkan pesan agar semua Kementerian dan Lembaga, serta Pemerintah Daerah saling mengintegrasikan dan menginteroperabilitas aplikasi, data, dan layanan yang berdampak pada masyarakat.

“Dengan integrasi dan interoperabilitas data koperasi ini, diharapkan kemudahan dan layanan kepada gerakan Koperasi di wilayah Kota Surabya akan semakin baik,” katanya.

Senada dengan SesKemenKopUKM, Walikota Eri berharap, NKS dengan KemenKopUKM melalui aplikasi Awasi Boyo, bersama-bersama mengawasi dan menumbuhkembangkan koperasi di daerah bersama Pemerintah di pusat. “Tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan bersama. Mulai dari integrasi akses pinjaman atau permodalan bagi koperasi di Surabaya, hingga pengawasan koperasi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya Dewi Soeriyawati menambahkan, Harkopnas Ke-77 menjadi arah momentum kebangkitan koperasi nasional dan di daerah untuk terus berkolaborasi. 

Saat ini, terdapat 500 koperasi di Surabaya yang aktif. Perayaan Harkopnas diikuti oleh 27 koperasi dan 10 UMKM terbaik.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER