Minggu, 8 September, 2024

Sekjen Ingatkan ASN Kemenag Jabar Pentingnya Jaga Harmoni

MONITOR, Jakarta – Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani berpesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang pentingnumya merawat harmoni dalam keberagaman.

Pesan ini disampaikan M Ali Ramdhani saat menutup Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan V dan VI. Giat ini diikuti para Kepala Madrasah dan Kepala Kantor Urusan Agama Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat di Balai Diklat Keagamaan Kota Bandung, Sabtu (20/7/2024).

“Betapa harmoni itu adalah sebuah kondisi yang harus menjadi pegangan kita bersama. Kenapa harmoni penting? Karena Indonesia ini adalah sebuah mozaik. Konon katanya 17.000 pulau ada di Indonesia, 700 lebih Bahasa, 1.300 lebih suku, maka ibu dan bapak kres di antara kita, segregasi di antara kita itu teramat sangat mungkin terjadi,” ujar Sekjen.

“Kata kuncinya adalah memahami sebelum dipahami kemudian komitmen kebangsaan,” lanjutnya.

- Advertisement -

Sekjen juga meminta ASN Kemenag terus menjunjung tinggi integritas dan kejujuran, serta menanamkan nilai-nilai moderasi eragama di kehidupan sehari-hari.

“Nasib orang itu tergantung dari kejujurannya. Jujur itu adalah mata uang yang tidak bisa dipertukarkan dengan apapun dan itu kesuksesan dari seseorang Rasulullah SAW,” sebutnya.

“Mari kita amalkan bersama, pertama toleran, kedua anti kekerasan, komitmen kebangsaan dan yang terakhir penghormatan terhadap budaya lokal. Itu tolong pegang,” sambungnya.

Terakhir, Sekjen minta jajarannya bijak dalam memilih diksi dalam memperkuat implementasi moderasi beragama. Jangan sampai salah memilih kata agar tidak menyinggung sesama.

“Bapak ibu upayakan memilih diksi-diksi kata yang tetap menggambarkan kejujuran pada satu dimensi tetapi tidak pernah menyakiti,” tandasnya. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER