PENDIDIKAN

Kemenag Tingkatkan Guru Madrasah di Berbagai Daerah

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama secara simultan melakukan upaya meningkatkan kompetensi guru dan tenaga pendidikan madrasah di berbagai daerah. Salah satunya dilakukan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Giat peningakatn kompetensi ini diikuti 47 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di wilayah Kalimantan Timur. Acara ini berlangsung tiga hari, 17-19 Juli 2024.

“Seorang guru sangat berperan dalam pembentukan karakter peserta didik, karena itu guru madrasah sudah seharusnya mengajarkan dan menanamkan nilai agama kepada anak didiknya,” ujar Direktur GTK Madrasah Thobib Al Asyhar, di Balikpapan, Kamis (18/7/2024)

“Tanggung jawab menjadi seorang pendidik harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, agar tujuan dari pendidikan yaitu membentuk manusia utuh, dan menjadi manusia yang mempunyai keilmuan yang tinggi sehingga mereka bisa menjadi orang yang bahagia dunia dan akhirat, terwujud,” sambungnya.

Menurut Thobib, guru terbaik adalah Rasulullah sehingga menjadi teladan bagi semua, termasuk para guru madrasah. Menurut Thobib, ada tiga tugas guru. Pertama, “yatlụ ‘alaihim āyātika” sebagai pembaca ayat. Artinya, tugas guru adalah tilawah atau membacakan ayat-ayat Allah (Al-Quran) kepada muridnya secara benar. Membaca ini mencakup bacaan secara tartil sesuai dengan ilmu tajwid, makhraj dan sifat-sifat hurufnya. Tilawah adalah salah satu bentuk skill membaca yang sangat penting. “Sebab, membaca akan membuka berbagai pengetahuan peserta didik,” ujar Thobib.

Kedua, tugas guru adalah “wa yuzakkīhim”, yaitu tazkiyah. Yaitu, membersihkan dan mensucikan. Makna asli tazkiyah adalah membersihkan dan mensucikan dari segala noda, baik zahir maupun batin. Maksudnya, membersihkan dari berbagai kepercayaan-kepercayaan jahiliyah atau pemahaman-pemahaman yang salah dan menyimpang.

Rasulullah diutus kepada umat manusia untuk meluruskan mereka dari pemahaman yang rusak, pola hidup orang kafir, kepercayaan, cara pikir yang tidak benar, dengan menegakkan amar ma`ruf nahi munkar dan menyebarkan kebenaran risalah Islam.

Thobib melanjutkan tugas ketiga guru “wa yu’allimuhumul-kitāba wal-ḥikmata”. Guru mengajarkan kepada para siswa, Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah). Rasulullah bertugas mentransfer (memindahkan) ilmu yang diberikan oleh Allah untuk umatnya. Ilmu tersebut ada dalam Al-Qur’an dan hadis.

Dalam dunia pendidikan, terutama bagi seorang pendidik (guru) bahwa cara yang paling tepat dalam mendidik tidak terlepas dari konsep agama yang merujuk kepada Al-Qur’an. “Sebab, Al-Qur’an berisi berbagai aspek kehidupan manusia berupa pedoman dan petunjuk bagi umat Islam dalam segala bidang ilmu, salah satunya adalah bidang pendidikan,” tandasnya.

Recent Posts

Pameran GJAW 2025 Pacu Penguatan Ekosistem Otomotif Nasional

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian terus memperkuat fondasi industri otomotif sebagai sektor penggerak utama perekonomian…

58 menit yang lalu

Buka The 5th INCOILS 2025, Sekjen Kemenag Dorong Pascasarjana PTKIN Lahirkan Alumni Otoritatif

MONITOR, Yogyakarta - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, bersama Forum Direktur Pascasarjana…

2 jam yang lalu

Realisasi KMA Integrasi, Rektor UIN Jakarta Serahkan SK Pegawai Satuan Pendidikan

MONITOR, Jakarta - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Asep Saepudin Jahar,…

3 jam yang lalu

Gelar Kemah Lintas Agama, Kemenag Perkuat Infrastruktur Sosial Lewat Peran Pemuda

MONITOR, Bogor - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengatakan, generasi muda merupakan infrastruktur sosial…

3 jam yang lalu

Kemenag Cetak Kader Penggerak Moderasi Beragama dan Ekoteologi

MONITOR, Jakarta - Pusat Pembiayaan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan (Puspenma) Sekretariat Jenderal berkomitmen mencetak…

5 jam yang lalu

UIN Ar-Raniry Konsolidasikan Gerak Cepat Pimpinan

MONITOR, Jakarta - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Retret Kepemimpinan 2025 pada…

8 jam yang lalu