Minggu, 8 September, 2024

Pertama Kalinya, Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Luring dalam Program MBKM PTKI

MONITOR, Jakarta – Untuk pertama kalinya, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Direktorat PTKI) akan menyelenggarakan Kegiatan Pertukaran Mahasiswa secara Luring (PM-Luring) sebagai salah satu bentuk implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan PTKI, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7290 Tahun 2020 (Kepdirjen No. 7290/2020). Sebelumnya, kegiatan Pertukaran Mahasiswa baru terlaksana secara daring (PM-Daring).

“Di tahun 2024 ini Program MBKM kita perluas dalam bentuk beberapa program lain. Jika tahun-tahun sebelumnya pertukaran mahasiswa baru dilaksanakan secara daring, maka mulai sekarang program pertukaran mahasiswa secara luring sudah harus diimplementasikan,’’ terang Direktur PTKI Ahmad Zainul Hamdi pada salah satu kesempatan rapat internal.

Menurutnya, salah satu filosofi kegiatan pertukaran mahasiswa dalam program MBKM tidak semata-mata menyasar pada aspek kognisi mahasiswa semata, karena kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk beberapa sikap mahasiswa, diantaranya sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan di tempat baru di mana mahasiswa live in.

‘‘Program ini sangat bagus, karena mahasiswa akan terbuka wawasannya di tempat baru, sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman bermakna yang mampu membangun kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan barunya,’’ lanjut Direktur PTKI yang akrab disapa Prof. Inung menjelaskan betapa pentingnya kegiatan Pertukaran Mahasiswa – Luring (PM-Luring) bagi tumbuh kembangnya mahasiswa.

- Advertisement -

‘‘Karena saya meyakini, melalui kegiatan ini, mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan untuk mengembangkan soft skill atau hard skills tambahan yang mungkin saja tidak ditemukan di kampus asalnya,’’ tambahnya penuh keyakinan.

Sebagaimana diketahui, Direktur PTKI telah menerbitkan Surat Edaran Nomor B-509/Dj.I.III/HM.00/06/2024 tertanggal 21 Juni 2024 tentang Juknis Program MBKM Batch-1 TA 2024/2025 dan Surat Nomor B-527/DJ.I/Dt.I.III/PP.00/07/2024 tertanggal 01 Juli 2024 tentang Penunjukan PTKIN Host Penyelenggara Kegiatan PM-Luring. Melalui dua surat tersbeut, Direktur PTKI telah menetapkan desain Kegiatan PM-Luring dengan memuat beberapa informasi berikut:

Pertama, Durasi dan Pelaksanaan Program. Kegiatan PM-Luring dilaksanakan selama 1 (satu) semester penuh dan dapat direkognisi minimal setara dengan 20 SKS. Pada Tahun Akademik 2024/205 (TA 2024/2025) ini, waktu pelaksanaan Kegiatan PM-Luring dilaksanakan sebanyak 2 batch, dengan perincian sebagai berikut:

BatchSemesterWaktu
Batch-1Gasal TA 2024/2025Agustus – Desember 2024
Batch-2Genap TA 2024/2025Januari – Juli 2025

Kedua, PTKIN Penyelenggara Kegiatan PM-Luring. Tidak semua PTKIN akan menjadi host kegiatan PM-Luring. Berdasarkan evaluasi Tim Taskforce Program MBKM Direktorat PTKI, maka ditetapkan 11 PTKIN berikut yang akan menjadi host kegiatan:

  1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
    1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    1. UIN Walisongo Semarang
    1. UIN Sunan Ampel Surabaya
    1. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    1. UIN Alauddin Makassar
    1. UIN Raden Fatah Palembang
    1. UIN Ar-Ranieri Banda Aceh
    1. UIN Raden Mas Said Surakarta
    1. UIN Prof. Kiai Haji Saifudin Zuhri Purwokerto

Keempat, Timeline Kegiatan PM-Luring. Secara umum, Program MBKM pada Batch-1 Tahun Akademik 2024/2025 diselenggarakan dengan mengacu pada timeline berikut:

NoTahapanWaktuKeterangan
1Perancangan Program19 Juni – 13 Juli 2024Finalisasi Desain Program Merdeka Belajar PTKI bersama Lembaga Mitra
2Sosialisasi Program26 – 13 Juli 2024Tim Taskforce mensosialisasikan program kepada mahasiswa, dosen dan Pimpinan PTKI
3Instalasi Program di Platform Merpati MBKM-Diktis13 Juli – 20 Juli 2024Operator program studi menginput kegiatan MBKM ke aplikasi Merpati
4Pendaftaran dan Seleksi21 – 31 Juli 2024Mahasiswa mendaftar sebagai peserta program, dan dosen mendaftar sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
5Pengumuman Hasil Seleksi6 Agustus 2024Pengumuman Hasil Seleksi Program
6Onboarding Program7 – 8 Agustus 2024Mitra melakukan kegiatan onboarding baik secara luring maupun daring kepada mahasiswa peserta program
7Pelaksanaan Program*12 Agustus – 31 Desember 2024Mahasiswa mengikuti seluruh aktivitas program, dan DPL memberikan pendampingan kepada mahasiswa
8Pemantauan Program12 Agustus – 31 Desember 2024Tim Taskforce dapat melibatkan ekspert lain melakukan pemantauan dalam rangka penjaminan mutu program
9Pelaporan Program**Desember 2024Lembaga Mitra menyusun laporan program dengan menerbitkan dokumen yang dapat dijadikan sebagai kredensial bagi peserta program
10Evaluasi dan Perancangan Program Batch-2Januari 2025Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat PTKI melaksanakan kegiatan evaluasi dan perancangan program Batch-2

Kelima, Standar Operasional Prosedur (SOP) Kegiatan PM-Luring. Secara umum, program MBKM yang diselenggarakan Direktorat PTKI dilaksanakan dengan SOP berikut:

Adapun informasi secara lengkap Program MBKM Batch-1 TA 2024/2025 yang diselenggarakan Direktorat PTKI dapat diakses dalam website MBKM-Direktorat PTKI di laman https://merpati.kemenag.go.id/. ‘‘Untuk Batch-1 TA 2024/2025 ini, memang baru 11 PTKIN yang kita tetapkan sebagai Penyelenggara Kegiatan PM-Luring. Namun untuk mahasiswa yang terlibat, tidak kita batasi. Bahkan seluruh mahasiswa PTKI juga dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program ini melalui laman https://merpati.kemenag.go.id/. Nanti akan diseleksi oleh Taskforce MBKM dan PTKIN yang dituju. Jika memenuhi syarat dan memenuhi kuota, maka akan diterima sebagai peserta program,’’ pungkas Prof. Inung

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER