Minggu, 7 Juli, 2024

Kababek TNI: Peran Strategis Babek TNI Dalam Dukungan Operasi TNI Yang Berbasis Tri Matra Terpadu

MONITOR, Jakarta – Badan Perbekalan (Babek) TNI memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan perbekalan materiil secara terpusat dan integratif. Peran strategis tersebut terletak pada optimalisasi pelaksanaan dukungan operasi TNI yang berbasis Tri Matra Terpadu. Babek TNI harus memiliki kemampuan memfasilitasi interoperability_Tri Matra TNI dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pembekalan (Kababek) TNI Brigjen TNI Irawan, S.H. pada acara syukuran dalam rangka HUT ke-54 Babek TNI Tahun 2024 yang mengusung  tema  “Dilandasi Semangat Cigra Titis Tanggap Kita Wujudkan Babek TNI PRIMA Guna Mendukung Logistik Yang Handal“,  yang digelar di Lapangan Merah Babek TNI, Cilincing, Jakarta Utara. Rabu (3/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut Brigjen Irawan menyampaikan bahwa ke depan Babek TNI harus memiliki kemampuan Integrated Logistics Support untuk memastikan sistem pendukung yang kuat dengan layanan perbekalan yang sesuai dengan kebutuhan, handal, persediaan yang cukup dan maintainability yang paripurna. “Kecepatan dalam mendistribusikan kebutuhan operasional juga memiliki peran krusial dalam kelancaran suatu operasi. Tidak boleh terjadi situasi di mana pasukan terlibat dalam operasi namun terhambat oleh keterlambatan perbekalan,” ungkapnya.

“Babek TNI juga harus memiliki kemampuan manajemen logistik yang baik sebagai bagian dari proses Supply Chain, yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan efektivitas dan efesiensi pengadaan barang dan jasa, penyimpanan, distribusi serta pelayanan dalam koridor tugas pokok melaksanakan pembekalan materiil TNI terpusat dan integratif dalam rangka mendukung tugas pokok TNI,” pungkas Kababek TNI.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER