Senin, 15 Juli, 2024

Hari Ke-2 Pengosongan 278 Lahan UIII Kondusif, Kian Optimis Rampung Sesuai Jadwal

MONITOR, Depok – Pengosongan 278 lahan Kampus Universitas Islam Interinasional Indonesia (UIII) di Cisalak, Kec. Sukmajaya, Depok memasuki hari kedua, Rabu (3/7). Diagendakan selama lima hari, pengosongan lahan yang sebelumnya telah menerima santunan ini ditarget rampung Sabtu, 6 Juli 2024.

Pantauan di lapangan, pengosongan lahan yang sebelumnya digarap warga ini berlangsung kondusif, pasalnya warga yang sebelumnya menggarap lahan tersebut sebelumnya telah menerima Uang Santunan sebagai bagian dari Penanganan Dampak Sosial dari pembangunan UIII di lahan bersertifikat atas nama Kementerian Agama Cq RRI ini.

Terpantau warga penggarap yang kesulitan dalam melakukan pembersihan pada lahan yang ditempati secara bersamaan dibantu oleh Tim Terpadu yang turun untuk mengeluarkqn barang-barangnya dari bagunan.

“Alhamdulillah memasuki hari kedua ini, melanjutkan proses pengosongan lahan hari sebelumnya, berjalan cukup kondusif, karna sebagian besar warga secara mandiri memang sudah mengosongkan lahannya. Jika ada yang kesulitan dalam pengosongan juga kita siapkan tim untuk membantu mengerjakan,” tutur Tim Hukum Kementerian Agama, Misrad di lokasi.

- Advertisement -

Sebagai informasi, proses pengosongan lahan UIII kali ini, Kementerian Agama bergerak bersama tim yang terdiri dari UIII, TNI, Polri, Satpol PP, Kecamatan dan Kelurahan. Dari tim terpadu yang diisi berbagai unsur tersebut dibagi menjadi tiga tim kecil untuk melakukan pengosongan lahan secara serentak di titik-titik lahan warga yang telah menerima santunan dengan disokong dua unit alat berat ekskavator, tim martil dan senso.

“Himbauan kami segera kepada warga yang sudah menerima santunan agar segera mengosongkan dan pindah ke tempat lain. Hal tersebut juga untuk mempercepat kerja tim yang ditargetkan bisa merampungkan minimal 50 bidang lahan per hari hingga Sabtu mendatang,” tutur Misrad.

Dengan melihat lancarnya proses pengosongan lahan selama dua hari ini, optimis 278 lahan rampung dikosongkan Sabtu mendatang, dimana proses pengosongan lahan kali ini merupakan bagian dari Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan penyediaan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) UIII. Pengosongan kali ini merupakan tahap pertama dari tiga tahap yang akan digelar selama 2024 ini dengan target keseluruhan selesai pada Desember mendatang.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER