Jumat, 5 Juli, 2024

Kemenag Gandeng Sae Kyung University Korsel untuk Tingkatkan Mutu Widyaiswara

MONITOR, Jakarta – Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi perhatian Kementerian Agama (Kemenag). Berbagai terobosan di dunia pelatihan SDM pun dilakukan. Terbaru, Badan Litbang dan Diklat (Balitbang Diklat) Kemenag menjalin kerja sama dengan Sae Kyung University Seoul Korea dalam rangka meningkatkan mutu Widyaiswara.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama atau Memorandum of Agreement (MoA) dilaksanakan di Kampus Sae Kyung University, Seoul, Korea Selatan. Hadir menandatangani MoA tersebut, Kepala Balitbang Diklat Kemenag Suyitno dan President Sae Kyung University, Shim Yoon Sook.

“Ini adalah kerjasama pertama, dan saya berharap bisa diteruskan. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan layanan, terutama di bidang pelatihan,” ungkap Kepala Balitbang Diklat Suyitno usai menandatangani MoA di Seoul, Korea Selatan, Selasa (2/7/2024).

Suyitno menjelaskan, bentuk kerja sama ini berupa pengiriman widyaiswara dan tenaga penyelenggara pelatihan untuk belajar di Sae Kyung University. “Pada tahap pertama ini, akan dikirim 15 orang yang berasal dari Widyaiswara dari Pusdiklat dan Balai Diklat Keagamaan. Saya berharap mereka yang akan belajar di sini bahagia dan bisa menikmatinya, bisa mengikuti short course di Korea Selatan ini dengan senang,” jelasnya.

- Advertisement -

Sebanyak 15 orang Widyaiswara yang dikirim ini, lanjut Suyitno, akan mempelajari banyak hal, terutama pengetahuan tentang AI (Artificial Intelegence). “Saya minta bisa mempelajari banyak hal yang akan disediakan pihak Sae Kyung University, terutama AI,” pintanya.

Short course ini penting karena akan berdampak pada pengembangan kompetensi bagi Widyaiswara, juga bagi Kementerian Agama,” imbuh Suyitno.

Sementara President Sae Kyung University, Shim Yoon Sook mengungkapkan agar perjanjian kerjasama ini tidak hanya berlangsung kali ini saja, tapi bisa berlanjut di masa-masa yang akan datang.

“Setelah pengiriman peserta tahap pertama ini, kami berharap ada tahap-tahap selanjutnya yang akan dikirim untuk belajar di sini,” jelasnya. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER