PEMERINTAHAN

Dukung BBTF 2024, Kemenparekraf Undang Pelaku Wisata Sejumlah Negara Famtrip ke Bali

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria dan Panama serta sejumlah industri menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan atau familirization trip (famtrip) dengan mengundang pelaku wisata juga key opinion leader dan media dari masing-masing negara untuk melakukan kunjungan ke Bali dan sejumlah destinasi pariwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menyambut para peserta famtrip di Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Jumat (14/6/2024), mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat memperluas akses pasar wisatawan sekaligus menjaga eksistensi destinasi “Beyond Bali” sebagai top of mind destination bagi wisatawan mancanegara. 

Famtrip yang menjadi bagian dari penyelenggaraan “Bali & Beyond Travel Fair 2024” ini juga mengundang pelaku wisata dari Arab Saudi. 

“Tahun lalu peningkatan kunjungan dari Bulgaria hampir mencapai 33 persen, dari (negara-negara) Amerika Tengah mencapai 35 persen, dan Arab Saudi juga meningkat sekitar 30 persen. Momentum inilah yang kita gunakan untuk kita bisa gunakan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga mengatakan famtrip ini sangat penting untuk lebih mempromosikan Indonesia khususnya di negara pasar dari peserta famtrip. Diharapkan dampak dari kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dengan dampak ekonomi yang lebih luas. 

Setelah dari Bali, para peserta famtrip akan berkunjung ke sejumlah destinasi lainnya seperti Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, Jakarta, Bandung, dan lainnya. 

“Itulah pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, dengan waktu tinggal yang lebih lama lagi, lebih berkualitas, dan lebih mencintai budaya kita,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Duta Besar RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pihaknya dalam mendukung capian program pemerintah khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Kita mendukung semua yang disampaikan Pak Menteri (Menparekraf Sandiaga) yang memang sudah menghadirkan prestasi pariwisata Indonesia di mata dunia. Sudah selayaknya kami ini membantu beliau dengan segala macam upaya agar turis-turis dari empat negara kami datang berbondong-bondong ke Indonesia,” ujar Dubes Sukmo. 

Hal senada disampaikan Duta Besar RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta. Ia mengatakan BBTF merupakan salah satu bursa pariwisata internasional yang ditunggu oleh para pelaku pariwisata di Bulgaria. 

“Terima kasih Pak Menteri yang sudah mendukung kami juga dari Bulgaria untuk bisa ikut dalam acara ini dan menjadikan Bali sebagai pintu untuk pengembangan pulau-pulau Indonesia yang lainnya ke depan,” kata Dubes Iwan. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno; serta Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono. 

Recent Posts

APBN 2025, Anggaran Makan Siang Gratis Sebesar Rp71 Triliun

MONITOR, Jakarta - Pembiayaan Program Makan Bergizi Gratis yang digadang oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto,…

2 jam yang lalu

Pimpinan Al-Azhar Mesir Temui Menag, Bahas Seleksi Calon Mahasiswa Indonesia

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas hari ini menerima kunjungan dari Wakil…

5 jam yang lalu

Proyek Perhutani Digital Forest, Pengelolaan Hutan yang Lebih Efisien

MONITOR, Jakarta - Komisi VI DPR RI mengapresiasi upaya transformasi teknologi digital dari Perum Perhutani…

6 jam yang lalu

Tidak Hanya Berprestasi Akademik, Madrasah Peduli Kepada Masyarakat Sekitar

MONITOR, Jakarta - Lembaga pendidikan berciri Islam, Madrasah, belakangan semakin bersinar dan berprestasi nyata, baik…

7 jam yang lalu

Kemenperin Gandeng Dua Perusahaan Jepang Bangun SDM Industri Kompeten

MONITOR, Jakarta - Indonesia dan Jepang aktif menjalin kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia…

9 jam yang lalu

Gelar FGD, Komnas Haji Klaim Kemenag Tidak Langgar Kuota Haji

MONITOR, Jakarta - Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj menegaskan bahwa Kementerian Agama tidak…

10 jam yang lalu