Sabtu, 15 Juni, 2024

LPG Terminal Tanjung Sekong PET Sukses Raih PROPER Hijau

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina Energy Terminal (PET), anak usaha dari Sub Holding Integrated Marine Logistics PT Pertamina International Shipping, berhasil mendapatkan penghargaan PROPER Hijau 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. 

Penghargaan ini diraih oleh salah satu terminal yang dikelola oleh PET, yakni LPG Terminal Tanjung Sekong yang merupakan tulang punggung dalam pemenuhan kebutuhan LPG nasional. LPG Terminal Tanjung Sekong meraih PROPER Hijau dengan program-program TJSL (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan) yang dilaksanakan di wilayah operasi Perusahaan, serta pertimbangan sebagai pioneer Green Terminal yang menggunakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan memiliki Renewable Energy Certificate.

Salah satu program TJSL yang mendapatkan apresiasi dan menjadi unggulan di PET adalah kontribusi dalam Konservasi Badak di Taman Nasional Ujung Kulon.

“Pencapaian ini mencerminkan dedikasi tim dalam menerapkan praktik berkelanjutan dan terus meningkatkan kinerja di lingkungan kami. Kami percaya bahwa komitmen kami terhadap keberlanjutan tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemangku kepentingan,” ujar Direktur PET Bayu Prostiyono. 

- Advertisement -

Pada kesempatan lain, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan sebagai BUMN, untuk mendukung program ESG, Pertamina mengembangkan berbagai kegiatan TJSL yang dibutuhkan masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasi.

“Pertamina tidak hanya mengejar aspek bisnis, namin juga peduli pada lingkungan sekitar sejalan dengan visi menjadi perusahaan berkelanjutan,” tandas Fadjar.

PROPER Hijau ini merupakan bukti konkret PET dalam mewujudkan bisnis yang lebih ramah lingkungan, selaras dengan prinsip Environmental, Social, Governance (ESG). 

Bayu berharap dengan diraihnya PROPER hijau oleh LPG Terminal Tanjung Sekong ini, bisa memacu semangat kepada terminal strategis lainnya yang saat ini dikelola oleh PET, untuk berpartisipasi mewujudkan bisnis lebih ramah lingkungan dan mendapatkan PROPER. 

Seperti diketahui, LPG Terminal Tanjung Sekong yang merupakan penyuplai 40% Kebutuhan Nasional LPG di Indonesia juga menjadi salah satu terminal energi yang terdepan dalam pemanfaatan energi baru dan terbarukan, yakni dengan kehadiran PLTS yang menjadi salah satu sumber tenaga listrik di terminal.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER