PENDIDIKAN

Berangkatkan Mahasiswa ke Tiga Negara, UIN Jember Rilis Overseas Student Mobility Program

MONITOR, Jakarta – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember merilis Overseas Student Mobility Program & International Islamic Comparative Study 2024. Ini merupakan kegiatan perdana dalam sejarah Fakultas Syariah UIN KHAS dan menjadi upaya peningkatan kapasitas akademik, wawasan, serta kompetensi global mahasiswa.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni, mengungkapkan bahwa program ini diselenggarakan sebagai langkah awal memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk dapat terekspose ke dunia internasional.

“Kegiatan kami rancang di antaranya adalah academic visit and presentasion dalam event international conference di kampus mitra. Mahasiswa akan melakukan presentasi dari hasil riset yang telah dipersiapkan sebelumnya. Selain itu, juga ada research and publication training, student talk and gathering, leadership talk, international scholarship talk, serta kunjungan budaya dan eksposur internasional di Malaysia, Singapura, dan Thailand,” ungkap Wildani Hefni saat melaunching program, Jumat (3/5/2024) di lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Kegiatan ini kami manfaatkan juga untuk sosialisasi kelembagaan agar bisa membawa mahasiswa asing dapat bergabung ke UIN KHAS Jember,” lanjutl Wildani Hefni yang merupakan alumni dari the Australian National University (ANU), Canberra, Australia.

Dikatakan Wildani Hefni, program ini sebagai penegasan bahwa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memiliki komitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan keunggulan akademik bagi seluruh mahasiswa dalam mencapai visi unggul dan terkemuka di Asia Tenggara.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Ahmadiono, menuturkan bahwa program ini diperuntukkan untuk 10 mahasiswa Fakultas Syariah dengan skema panjaringan atau seleksi. Menurut Dion, panggilan akrabnya, 10 mahasiswa Fakultas Syariah yang terpilih akan dibiayai penuh selama 6 hari, meliputi tiket pulang-pergi, biaya hotel, akomodasi, konsumsi, asuransi & mendapatkan international certificate.

“Program ini terbuka untuk mahasiswa Fakultas Syariah dengan persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan, misalnya karya tulis dalam bentuk artikel dan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, serta ketentuan lainnya yang tertera dalam Keputusan Dekan Fakultas Syariah Nomor 52 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Overseas Student Mobility Program And International Islamic Comparative Study,” sebutnya.

“Proses pendaftaran dimulai dari 6 Mei hingga 6 Juni 2024. Seleksi wawancara dilakukan pada 12 sampai 14 Juni 2024. Adapun pengumuman peserta terpilih pada 21 Juni 2024,” sambungnya.

Calon peserta dari mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dapat mendaftarkan diri pada link https://bit.ly/StudentMobility2024 dengan mengikuti persyaratan dan waktu pendaftaran yang telah ditentukan.

Recent Posts

Pertamina Merilis Competency Development Program

MONITOR, Jakarta – Pertamina merilis program barunya bernama Competency Development Program, dalam rangka meningkatkan kapabilitas perwira…

2 jam yang lalu

World Water Forum 2024, DPR bersama IPU Kolaborasi Akan Bahas Krisis Air Dunia di Bali

MONITOR, Jakarta - DPR RI bersama Forum Parlemen Dunia atau Inter-Parliamentary Union (IPU) akan menjadi tuan rumah…

3 jam yang lalu

Rektor UAI Sebut Perpanjangan Usia Pensiun Kapolri Masuk Akal

MONITOR, Jakarta - Perpanjangan masa jabatan perwira tinggi Polri, termasuk Kapolri, dinilai masuk akal dan…

4 jam yang lalu

Produk Fesyen dan Kriya Lokal Mampu Bersaing di Pasar Global

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan sektor industri kerajinan dan fesyen…

5 jam yang lalu

Perjuangan Sayla Dapatkan Beasiswa Kuliah di Hongkong, Menggapai Asa dari Keterbatasan

MONITOR, Jakarta - Keterbatasan tak menjadi aral bagi Sayla Maliatul Marzuqoh menjemput impiannya. Walaupun berasal…

6 jam yang lalu

Keterbatasan Tak Surutkan Semangat Azizah untuk Berhaji

MONITOR, Jakarta - Perempuan itu bernama Azizah (57). Berangkat dengan suami, mereka berdua tergabung pada…

8 jam yang lalu