Minggu, 8 September, 2024

Pendidikan Bukan Hanya soal Pengetahuan tapi Penanaman Nilai-nilai Moral dan Spiritual

MONITOR – Pendidikan bukan hanya tentang akumulasi pengetahuan, tetapi juga tentang penanaman nilai-nilai moral dan spiritual. Demikian disampaikan Cendekiawan Muslim yang juga Guru Besar IPB Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri MS dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024.

Hari Pendidikan bagi Prof Rokhmin adalah momentum penting dalam agenda tahunan yang mengingatkan kita akan peran besar pendidikan dalam mengubah takdir seseorang dan masyarakat. “Pendidikan bukanlah sekadar penumpukan informasi, tetapi sebuah perjalanan rohani yang membawa manusia menuju kesempurnaan,” ujarnya di Bogor, Kamis, 2 Mei 2024.

Dalam pandangannya, pendidikan adalah pintu gerbang menuju cahaya pengetahuan, dan Al-Qur’an adalah sumber utama cahaya tersebut. Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an (Al-Alaq: 1-5), perintah pertama yang turun adalah “Bacalah”. “Ini bukan hanya perintah untuk membaca, tetapi juga ajakan untuk menggali ilmu pengetahuan dengan penuh semangat dan keyakinan,” kata mantan menteri kelautan dan perikanan itu.

Saat kita merayakan Hari Pendidikan, paparnya, mari kita renungkan pesan agung dari Rasulullah Muhammad SAW tentang pentingnya belajar dan mengajar. Beliau bersabda: “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.”

- Advertisement -

Hadis ini menegaskan bahwa belajar adalah tanggung jawab yang tidak bisa diabaikan bagi umat Islam. Setiap lembaran buku yang kita baca, setiap diskusi yang kita ikuti, setiap kelas yang kita hadiri, semuanya adalah bagian dari ibadah kepada Allah SWT.

“Rasulullah SAW juga mengajarkan kita: “Sesungguhnya aku diberi Al-Qur’an dan yang serupa dengannya bersamaan dengan Al-Qur’an, yaitu pelajaran.” ini menunjukkan bahwa dalam mencari ilmu, kita juga harus mencari petunjuk yang berasal dari Al-Qur’an dan Sunnah,” terang dosen kehormatan Mokpo National University Korea Selatan itu.

“Pendidikan yang sejati adalah yang membimbing kita pada kebaikan, kemanusiaan, dan ketakwaan kepada Allah SWT. Mari kita jadikan pendidikan sebagai cahaya yang menerangi langkah-langkah kita dalam meniti jalan hidup ini. Selamat Hari Pendidikan! Dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (Taha: 114),” pungkas Prof Rokhmin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER