Selasa, 30 April, 2024

1.274 Siswa Lulus SPAN-PTKIN 2024 di UIN Bandung, Ini Cara Daftar Ulangnya

MONITOR, Jakarta – Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024 sudah diumumkan pada 2 April 2024. Ada 1.274 siswa yang diterima di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, sebanyak 31 peserta di antaranya adalah lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia.

“Alhamdulillah dari yang lulus ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung jalur SPAN-PTKIN berjumlah 1.274 orang itu terdapat 31 siswa yang berasal dari MAN IC se-Indonesia. Mereka adalah orang-orang pilihan, berprestasi dan terbaik. Selamat bergabung di UIN Bandung. Kampus unggul, kompetitif, dan moderat,” tegas Wakil Rektor I UIN Sunan Gunung Djati, Dadan Rusmana, di Bandung, Kamis (4/4/2024).

Ikut mendampingi Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Erihadiana. Sebanyak 31 siswa MAN IC itu berasal dari MAN IC Jambi (7), MAN IC Lombok Timur (5), MAN IC Kota Batam (4), MAN IC Siak (3) MAN IC Sorong (3), MAN IC Halmahera Barat (2), MAN IC Aceh Timur (2), serta MAN IC Lampung Timur, MAN IC Pasuruan, MAN IC Kota Palu, MAN IC Kota Kendari, dan MAN IC Pekalongan masing-masing 1 siswa. Jadi jumlah tolalnya 31 orang,” jelasnya.

SPAN-PTKIN adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu. SPAN-PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

- Advertisement -

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Perguruan Tinggi, sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah, dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN. Seleksi dilakukan berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

“Bagi yang dinyatakan lulus Jalur SPAN-PTKIN di UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2024, harap bisa segera melakukan daftar ulang,” sebut Dadan Rusmana.

Sebelum daftar ulang, calon mahasiswa agar memperhatikan tujuh hal untuk tidak dilewatkan:

1. mengisi biodata mulai 18 April 2024 Pukul 10.00 WIB sampai 26 April 2024 Pukul 23.59 WIB melalui laman https://damba.uinsgd.ac.id/
2. biodata diisi secara lengkap dan benar.
3. pengisian biodata ini akan menjadi dasar penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal).

4. bagi calon mahasiswa yang telah LULUS SELEKSI, tetapi tidak melakukan pendaftaran ulang (mengisi biodata) akan dikenakan sanksi administratif (berupa Kategori UKT tertinggi).

5. mahasiswa yang lulus SPAN-PTKIN dan berstatus/memiliki KIP-K, tetap harus melakukan pembayaran UKT Semester 1 sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh sistem. Pendaftaran KIP-K akan diagendakan berikutnya.

6. seluruh informasi akan di umumkan di web resmi PMB UIN Sunan Gunung Djati Bandung pmb.uinsgd.ac.id.
7. pengumuman Penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada 30 April 2024.

“Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat dilakukan mulai 3 – 13 Mei 2024 melalui layanan bank mitra dengan ketentuan dan tata cara yang tercantum dalam akun PMB calon mahasiswa,” tuturnya.

Berikut ini lima tata cara daftar ulang Jalur SPAN-PTKIN:
1. Buka laman https://damba.uinsgd.ac.id/
2. Klik Buat Akun.
3. Isi semua kolom isian mulai dari Nama Lengkap sampai dengan Password dan klik tombol Buat Akun.

4. Cek di Email Masuk, lalu klik menu halaman Login, masuk menggunakan email dan kata sandi/password yang telah didaftarkan sebelumnya.

5. Klik menu Daftar Ulang, isi formulir mulai dari Data Diri, Tempat Tinggal, Orang Tua dan Berkas Dokumen yang diperlukan sampai berhasil Submit.

Jika ada kendala, teman-teman dapat menghubungi helpdesk berikut (chat only) : 0823-1498-1709, 0851-7331-1968. Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman pmb.uinsgd.ac.id dan akun instagram pmb.uinsgd.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER