Rabu, 1 Mei, 2024

Ukur Pengetahuan Calon Petugas, Kemenag Gelar Pre-Test Perhajian Jelang Bimtek

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) gelar Pre-test Perhajian bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H /2024 M.

Pre-test yang dilaksanakan dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) ini, digelar jelang pelaksanaan Bimtek PPIH Arab Saudi 1445 H / 2024 M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. “Pre-test ini bertujuan untuk memetakan pengetahuan awal para petugas terkait perhajian,” tutur Direktur Bina Haji Arsad Hidayat di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

“Petugas haji kan terdiri dari banyak unsur, jadi penting untuk melakulan pemetaan awal terkait pengetahuan petugas,” imbuhnya.

Arsad menuturkan, hasil pre-test peserta ini selanjutnya menjadi data awal bagi para fasilitator untuk memberikan penekanan materi yang diperlukan selama Bimtek Petugas Haji 1445 H/2024 M. “Target kami, selesai Bimtek ini, seluruh petugas haji telah mengetahui apa saja yang menjadi tugas masing-masing di lapangan,” tutur Arsad.

- Advertisement -

Bimtek PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M rencananya akan digelar selama 10 hari mulai 19 sampai 28 Maret 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. “Tahun ini ada sekitar 900 petugas yang akan kita bimtek. Mereka terbagi dalam 13 tusi layanan,” tuturnya.

Adapun 13 tusi layanan tersebut meliputi Leadership dan Managerial, Konsultan Ibadah dan Pembimbing Haji, Pelayanan Jemaah Lansia dan Disabilitas, PKP3JH, Akomodasi, Konsumsi, Transportasi, Kedatangan dan Keberangkatan, Perlindungan Jemaah, SISKOHAT, Pengawasan Haji Khusus, dan Media Center Haji (MCH).

Arsad menambahkan, untuk memastikan seluruh materi dapat disampaikan tepat sasaran, pihaknya telah menunjuk fasilitator bimtek dari para petugas haji yang berpengalaman. Ada 77 fasilitator yang dilibatkan dalam bimtek kali ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER