Minggu, 28 April, 2024

Jasa Marga Gencarkan Program Beautifikasi di Jalan Tol Jasa Marga Group

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus meningkatkan komimtmennya dalam menghadirkan lingkungan jalan tol yang lebih baik dengan memperhatikan aspek pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM), salah satunya diwujudkan dalam peningkatan kualitas jalan tol melalui program beautifikasi untuk memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, upaya Jasa Marga dalam meningkatkan kualitas jalan tol di antaranya dengan menyelesaikan program beautifikasi dan landscaping pada ruas tol Jasa Marga Group sebagai bagian pengelolaan jalan tol berkelanjutan. Tidak hanya sebagai penambah estetika, program beautifikasi ini juga berfungsi untuk mengurangi dampak polusi sehingga turut menambah kenyamanan pengguna jalan ketika berkendara.

“Upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga Group juga selaras dengan komitmen Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait peningkatan kualitas Jalan Tol. Sejumlah upaya yang telah dilakukan Jasa Marga antara lain dengan penghijauan dan landscaping melalui penanaman pohon, perawatan taman serta beautifikasi landscaping baik di interchange, gerbang tol, kantor gerbang, dan di sepanjang jalur tol,” ujar Lisye.

Dalam upaya beautifikasi di beberapa ruas tol Jasa Marga Group telah dilakukan pemasangan planter tanaman, pembersihan area penanaman dan penanaman beberapa tanaman hias pada area lereng/bukit yang selalu dijaga keasriannya melalui service provider Jasa Marga yakni Jasamarga Tollroad Maintenance (PT JMTM). Dalam penanaman tanaman di sepanjang jalan tol digunakan teknik untuk mengurangi pencemaran udara, menambah keindahan, kenyamanan, keharmonisan dan tidak mengabaikan faktor keselamatan (safety factor), serta memperhatikan benih atau bibit tanaman.

- Advertisement -

Lisye menambahkan, upaya beautifikasi tidak hanya sebagai pemenuhan salah satu SPM namun secara tidak langsung juga meningkatkan citra dan branding Perusahaan serta mendukung program keberlanjutan Perusahaan di bidang lingkungan.

“Jasa Marga selalu berkomitmen dalam meningkatkan pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM). Hal ini juga dibuktikan melalui penghargaan Sertifikasi Green Toll Road Indonesia predikat Gold untuk Jalan Tol Gempol-Pandaan yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT), Jalan Tol Pandaan-Malang yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) dan Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasamarga Bali Tol,” ujar Lisye

Tidak hanya itu, Lisye menyebutkan Jasa Marga juga berhasil kembali meraih penghargaan Jalan Tol Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jasa Marga berhasil meraih predikat Jalan Tol Terbaik I untuk 3 (tiga) kategori sekaligus yaitu Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang > 50 Km untuk Jalan Tol Jagorawi, Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang 15-50 Km untuk Jalan Tol Pandaan-Malang dan Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang < 15 Km untuk Jalan Tol Sedyatmo.

Pengelolaan Rest Area jalan tol melalui anak usaha PT Jasamarga Related Business (JMRB) juga berhasil diganjar predikat Rest Area Terbaik I untuk Rest Area Km 88B Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

“Komitmen menjaga SPM dengan beautifikasi dan landscaping ini untuk meningkatkan implementasi pembangunan dan pengoperasian jalan tol Jasa Marga Group yang hijau dan ramah lingkungan, juga demi terciptanya pencegahan pencemaran lingkungan dan melindungi sumber daya yang optimal, sehingga pengoperasian jalan tol milik Jasa Marga Group lebih aman, nyaman dan sesuai harapan para pengguna jalan,” tutup Lisye.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER