Minggu, 28 April, 2024

PT Cinere Serpong Jaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan di Jalan Tol Serpong–Cinere dan Jaga Kelancaran Arus Kendaraan Selama Libur Natal dan Tahun Baru

MONITOR, Tangsel – PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga kelancaran arus kendaraan di ruas jalan tol tersebut. Terlebih hal ini juga semakin ditingkatkan pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 23/24) lalu karena sejak 22 Desember 2023 jalan tol Serpong – Cinere telah beroperasi penuh sehingga jaringan Jalan Tol JORR 2 wilayah barat telah tersambung penuh mulai dari Cengkareng hingga Nagrak.

Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul Handayani menjelaskan saat ini pengguna jalan dari wilayah Bekasi, Bogor, Depok dan sekitarnya mempunyai alur alternatif baru menuju Serpong, Tangerang Selatan hingga Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, dengan melewati JORR 2. Dengan terintegrasi penuh, Jalan Tol JORR 2 dapat memangkas waktu perjalanan pengguna jalan menjadi lebih cepat.

“Pada periode awal pelayanan operasional Nataru, PT CSJ mencatat adanya peningkatan volume lalu lintas dengan puncak terjadi pada H-2 Tahun Baru, atau pada 30 Desember 2023, sebesar 49.300 kendaraan. Jumlah ini meningkat 155,5% dibandingkan lalu lintas normal pada bulan Oktober tahun 2023 (19.269 kendaraan) dan meningkat 151,86% dari puncak lalin Nataru tahun 2022 (19.574 kendaraan),” Ujar Mirza.

Mirza juga menjelaskan secara umum PT CSJ juga mencatat tren peningkatan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere. Di tahun 2023, LHR Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere mencapai 18.370 kendaraan, meningkat sebesar 21,96% dibandingkan LHR tahun 2022 (15.062 kendaraan).

- Advertisement -

“Dengan JORR 2 yang kini telah terintegrasi penuh dari Cengkareng hingga Nagrak, kami optimis LHR untuk Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere juga masih akan terus meningkat kedepannya,” tambah Mirza.

PT CSJ berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di Ruas Jalan Tol Serpong Cinere untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang meliputi tiga bidang layanan yaitu layanan konstruksi, layanan transaksi, dan layanan lalu lintas.

Di bidang layanan konstruksi, PT CSJ telah melakukan peningkatan kualitas jalan tol diantaranya pengecatan guardrail di sepanjang Jalan Tol Serpong – Cinere, pengecatan ulang marka jalan, pembersihan dan pengecatan Median Concrete Barrier (MCB), parapet dan overpass. Dalam rangka pemenuhan SPM, PT CSJ konsisten melakukan monitoring rutin pada Jalan Tol Serpong – Cinere sehingga apabila terjadi kerusakan maka dapat segera ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan seperti rekonstruksi rigid, patching, levelling, dan sebagainya.

Selain itu, hingga Desember 2023, CSJ telah melakukan pembersihan sedimen pada saluran drainase, pemotongan rumput dan pemeliharaan sarana pelengkap jalan berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalan tol. Guna menunjang kelancaran pelayanan transaksi di gerbang tol, CSJ menyediakan tambahan Mobile Reader (MR) serta memastikan kelancaran lalu lintas di lajur dengan menyiagakan kendaraan operasional berupa Mobile Customer Service (MCS), Patroli Jalan Raya (PJR), kendaraan rescue, derek dan ambulance.

Program peningkatan kualitas jalan tol diharapkan dapat menjaga kelancaran, keamanan dan kenyamanan lalu lintas bagi pengguna jalan tol.

Sebagai bagian dari jalan tol JORR 2, Jalan Tol Serpong – Cinere senantiasa menjaga peningkatan pelayanan jalan tol untuk menjalankan peran dalam mempercepat pengembangan wilayah Kota Tangerang Selatan dan mendukung percepatan distribusi barang dan jasa.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER