Minggu, 28 April, 2024

Khawatir KSTP Mengamuk Masyarakat Sugapa Minta Perlindungan TNI

MONITOR, Jakarta – Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) wilayah Intan Jaya senantiasa melakukan teror dengan membuat kekacauan di masyarakat bahkan menyerang Pos TNI POLRI sehingga masyarakat Kp. Mamba Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya mendatangi Pos TNI Satgas 330/TD untuk minta perlindungan keamanan, Rabu (24/1/2024).

Kedatangan masyarakat tersebut dikarenakan rasa takut akan teror susulan pembakaran rumah dan penganiayaan terhadap masyarakat yang dilakukan oleh KSTP pasca tertembaknya beberapa anggota KSTP termasuk yang terakhir Melkias Matani.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa membenarkan terjadinya pengungsian besar – besaran masyarakat Mamba Sugapa akibat teror KSTP secara terus menerus. Suriastawa mengatakan warga yang mengungsi itu berasal dari enam kampung, yakni Kampung Holomama, Soambili, Mamba Atas, Amaisiga, Jalai, dan Yokatapa.

“Benar telah terjadi pengungsian besar – besaran masyarakat Sugapa minta perlindungan aparat TNI POLRI. saat ini masyarakat pengungsi dalam keadaan aman dan telah diarahkan oleh aparat keamanan untuk diungsikan di rumah milik tokoh masyarakat, juga ditampung di Pos TNI POLRI ,” ujar Kapen.

- Advertisement -

“Kondisi ini sangat memperihatinkan sampai saat ini jumlah masyarakat yang mengungsi mendekati 500 orang dan jumlah ini akan terus bertambah seiring tindakan teror KSTP yang semakin brutal, namun TNI akan senantiasa melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, kita berharap KSTP hentikan teror kepada masyarakat, jangan korbankan rakyat yang tidak bersalah,” pungkas Suriastawa.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER