Sabtu, 27 April, 2024

Fitriani Mahasiswa UIN Bandung Produktif Berbagi Pengalaman Publikasi Artikel Ilmiah

MONITOR, Bandung – Fitriani produktif menulis artikel ilmiah. Di masa S1 ia mengikuti WPAJ (Workshop Penulisan Artikel Jurnal) yang diselenggarakan tiap tahun oleh HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Di Tahun 2024 ini, artikelnya berhasil terbit di jurnal terakreditasi Nasional Sinta 2.

Google Scholar yang berfungsi mengukur produktifitas publikasi ilmiah akademisi menampilkan profil Fitriani. Tercatat ia memiliki 27 publikasi ilmiah berupa terbitan artikel di berbagai jurnal ilmiah, mulai jurnal Nasional sampai jurnal terakreditasi Nasional. Sampai 6 Januari 2024, akademisi yang saat ini tengah studi magister ini berhasil menghimpun 23 kutipan dengan indeks-h 3.

Terkait pencapaiannya di Google Scholar, Fitriani membuat sebuah catatan. “Ibarat berjalan di atas sebuah tangga. Kulalui satu persatu dengan penuh saksama. Tahun 2021, aku memulai belajar penulisan artikel ilmiah. Tepatnya semester lima, di saat pandemi Corona. Kala itu, tak pernah terbesit untuk apa aku memiliki karya. Karena yang terlintas dalam pikiranku hanya sebuah kata ingin “bisa” saja. Ya, bisa membuat sebuat tulisan yang  baik, sesuai dengan aturan biasanya,” ungkapnya, Sabtu, (6/1/2024).

“Saat tulisan pertamaku terbit, aku merasa bahagia. Itulah mengapa aku terpacu untuk terus berkarya. Aku sangat menikmati pengalaman setiap tahapnya. Dari mulai terbit di proceeding, hingga terbit di jurnal bersinta. Sekarang aku semakin percaya. Bahwa segala sesuatu ada prosesnya. Hanya saja kita perlu telaten untuk melewati setiap prosesnya. Dan menjalaninya dengan hati yang penuh Bahagia,” paparnya.
 
Saat ini, Fitriani adalah mahasiswa S2 tingkat akhir program BIB (Beasiswa Indonesia Bangkit) Kemenag RI kerjasama dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kemenkeu RI.

- Advertisement -

Saat itu, ia dinyatakan lulus pada Program Studi PAI (Pendidikan Agama Islam) Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Akademisi produktif ini memiliki target lulus S2 pada Tahun 2024.

Selain amat sibuk menulis Tesis, Fitriani tetap aktif sebagai fasilitator Writing Center pada Sentra Publikasi Indonesia. Lembaga independen yang di Tahun 2024 ini sedang melaksanakan Continuum Academic Writing Project (Proyek Penulisan Akademik Kontinum, PPAK). Juga akademisi magister ini merupakan fasilitator pada Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER