Selasa, 30 April, 2024

Pemred Media Massa Apresiasi Joglo Ayu Tenan, Mitra Binaan Pertamina yang Mendunia

MONITOR, Yogyakarta – Joglo Ayu Tenan, salah satu mitra binaan PT Pertamina (Persero) mendapat kunjungan dari Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Massa Indonesia. Produk kreatif Joglo Ayu yang telah mendunia, menjadi salah satu peran Pertamina untuk mendukung ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan oleh Vice President Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso saat cara Gathering Pemimpin Redaksi (Pemred) yang berlokasi di Yogyakarta, Sabtu, 16 Desember 2023.

Kunjungan Pemred ke Joglo Ayu Tenan merupakan salah satu rangkaian acara Gathering Pemred yang diinisiasi Pertamina. Pada acara tersebut, sekitar 40 Pemred dari media massa nasional di Indonesia juga mendapatkan penjelasan dari Pertamina Subholding dan Anak Perusahaannya terkait bisnis Pertamina Group, mendiskusikan perkembangan energi terkini serta berdiskusi interaktif. Kunjungan pun dilakukan ke beberapa produk UMKM binaan Pertamina utamanya di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk melihat secara langsung kontribusi Pertamina pada masyarakat.

“Dari acara Gathering Pemred, Pertamina memperoleh insight positif. Sehingga, diharapkan Pertamina dapat makin berkiprah untuk memajukan industri, berkontribusi pada masyarakat, serta aspek keberlanjutan untuk mendukung target Net Zero Emission (NZE) dan peningkatan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

- Advertisement -

Salah satu kegiatan yakni berkunjung ke Mitra Binaan Pertamina yakni Joglo Ayu Tenan. Sebagai UMKM, Joglo Ayu Tenan telah berkembang menjadi usaha yang mendunia.

CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan yang turut hadir pada acara tersebut menambahkan, produk Joglo Ayu sangat beragam seperti kerajinan tangan, serta fashion menarik yang kesemuanya menggunakan bahan-bahan alam seperti eco print, bebatuan dan material ramah lingkungan. Produk -produk ini sudah diekspor hingga Tokyo, Australia dan Singapura.

“Joglo Ayu Tenan ini memang layak untuk mendunia. Kami juga membina mitra binaan mulai dari go modern, go digital, go online sampai ke go global sehingga Joglo Ayu Tenan ini bisa melaksanakan ekspor. Kami harap, Joglo Ayu bisa terus berinovasi agar tetap konsisten dan terus maju,” tambahnya.

UMKM ini pun peduli pada aspek sosial dengan menggandeng pengrajin serta UMKM lokal untuk berkolaborasi, serta pemberdayaan komunitas disabilitas dan ibu rumah tangga melalui pelatihan kerajinan kreatif. Kiprah ini telah dikembangkan di 9 desa binaan di wilayah Yogyakarta.

Sejalan dengan visi Pertamina untuk menjadi perusahaan berkelanjutan, kegiatan Joglo Ayu Tenan ini turut berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs) no 1 Tanpa Kemiskinan, no 3 Kesehatan yang baik dan kesejahteraan, no 5 Kesetaraan gender dan no 13 Penanganan perubahan iklim melalui produk-produknya yang berbasis alam dan ramah lingkungan.

Pemilik Joglo Ayu Tenan Rahayu mengungkap sejak menjadi mitra binaan Pertamina, banyak pengalaman yang ia rasakan. Tak lupa omzet pun meningkat drastis.

“Alhamdulillah Pertamina bisa membantu kita agar tetap maju. Semoga kita bisa terus memberikan produk berkualitas untuk Masyarakat Indonesia,” tutupnya.

Selain kunjungan Pemred ke UMKM, kehadiran Pemred ke Yogyakarta juga untuk berpartisipasi pada helatan Malam Anugerah Jurnalistik Pertamina 2023, yang diadakan pada Jumat 15 Desember. Ajang tahunan ini menjadi momen puncak kompetisi karya jurnalistik Insan Pers se-Indonesia, dimana pada tahun ini Pertamina menerima 2.559 karya untuk diseleksi.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER