Selasa, 30 April, 2024

Jasa Marga Raih Penghargaan di Ajang Indonesia TOP GCG Award dan Best Corporate Secretary Awards 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk sukses meraih penghargaan di ajang 3rd Indonesia TOP GCG Award 2023 dan 3rd Best Corporate Secretary Awards 2023 yang digelar oleh The Iconomics Media di Jakarta pada Jumat (15/12). Hal ini menjadi bukti konsistensi Jasa Marga dalam menerapkan Good Corporate Governance (GCG) berkelanjutan dalam setiap lini bisnis Perusahaan.

Kategori penghargaan yang diraih Jasa Marga dalam dua ajang dimaksud yaitu dalam ajang Indonesia TOP GCG Award 2023 untuk Kategori Transportation Infrastructure dan Indonesia Best Corporate Secretary Awards 2023 untuk Kategori Transport Infrastucture Operator. Penghargaan ini didasarkan atas penilaian implementasi prinsip-prinsip GCG yang efektif dan berkelanjutan pada Perusahaan yang bertujuan untuk mengoptimalkan nilai dan meningkatkan daya saing Perusahaan.

Hadir mewakili manajemen Jasa Marga menerima penghargaan yaitu Direktur Utama PT Marga Lingkar Jakarta Ari Wibowo. Dalam kesempatan tersebut, Ari menyampaikan rasa terima kasih atas dua pencapaian yang telah berhasil diraih oleh Jasa Marga.

“Saya mewakili manajemen Jasa Marga mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Alhamdulillah, ini membuktikan dan juga mengingatkan kepada kami bahwa seluruh upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga selama ini terkait dengan implementasi GCG on the track. Ini juga akan menjadi amanah untuk kami ke depannya, sehingga Jasa Marga tetap bisa meningkatkan GCG Perusahaan yang berkelanjutan dalam mengembangkan bisnis serta meningkatkan pelayanan untuk masyarakat,” kata Ari.

- Advertisement -

Ari menambahkan penghargaan ini juga turut menjadi stimulus untuk memajukan reputasi Perusahaan dimana aspek GCG tidak dapat dipisahkan dari pelayanan yang diberikan sehingga menjadi tolak ukur untuk para investor, stakeholder hingga masyarakat luas.

Founder and CEO The Iconomics Media Bram S. Putro dalam sambutannya menyampaikan pentingnya implementasi GCG dalam mengelola Perusahaan mengingat saat ini dunia bisnis sudah berubah dan pelaku usaha dituntut untuk lebih inovatif. The Iconomics Media sangat mendukung semangat pemangku Perusahan untuk gencar dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG dan mendukung persaingan yang sehat serta perekonomian Indonesia yang kondusif.

“Dengan adanya penghargaan ini dapat menggambarkan implementasi GCG yang dilakukan oleh tiap Perusahaan untuk mendukung kemajuan dunia usaha di masa depan. Dalam pelaksanaan prinsip GCG pada Perusahaan, Corporate Secretary juga memiliki peran kunci dalam menciptakan lingkungan bisnis yang transparan, akuntabel, hingga berperan proaktif dalam mengelola risiko, membangun kepercayaan dan menciptakan nilai jangka panjang bagi Perusahaan,” jelas Bram.

Penghargaan yang diberikan kepada para pemenang, termasuk Jasa Marga, didasarkan pada dua indikator penerapan GCG yaitu Financial Statement dan Organizational Structure and Shareholders. Dari indikator-indikator tersebut dilakukan penelusuran pada dokumen-dokumen dan informasi perusahaan-perusahaan. Selain itu juga dilakukan penelusuran dengan menggunakan pendekatan media monitoring untuk melihat aspek realisasi dari kegiatan GCG yang dilakukan oleh para Perusahaan melalui corporate strategy.

Dalam mengelola seluruh proses bisnisnya, Jasa Marga berkomitmen mengelola jalan tol berkelanjutan dan menjalankan proses bisnis sesuai praktik GCG. Jasa Marga juga mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol yang salah satunya diwujudkan melalui peningkatan implementasi teknologi digital melalui pengembangan Intelligent Transportation System (ITS) yang mengelola pelayanan jalan tol terintegrasi, sekaligus menjadi pusat informasi lalu lintas. Selain itu Jasa Marga juga selalu menjunjung tinggi integritas, prinsip transparansi, profesionalisme, serta selalu berpedoman kepada prinsip GCG dan implementasi Tata Nilai AKHLAK.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER