Selasa, 7 Mei, 2024

Jasa Marga Siap Siagakan Petugas dan Armada Operasional untuk Libur Nataru

MONITOR, Jakarta – Untuk memberikan pelayanan yang optimal menjelang Libur Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Kick Off Jasa Marga Siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024) yang diselenggarakan di Lapangan Museum Purnabhakti Pertiwi, TMII pada Kamis, (14/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Direksi Jasa Marga yaitu Direktur Operasi Fitri Wiyanti, Direktur Bisnis Reza Febriano, Direktur Pengembangan Usaha M. Agus Setiawan, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pramitha Wulanjani, Direktur Human Capital & Transformasi Bagus Cahya A.B, serta undangan stakeholder terkait yang diwakili oleh Direktur Lalu Lintas dan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani dan Direktur Operasi Pencarian dan Pertolongan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Brigjen TNI (Marinir) Edy Prakoso.

Agenda Kick Off Jasa Marga Siaga Nataru 2023/2024 dibuka dengan upacara dilanjutkan dengan penyematan pin secara simbolis oleh Direksi Jasa Marga kepada Tim Jasa Marga Siaga Operasional Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta penempelan stiker Jasa Marga Siaga pada armada operasional yang menandakan kesiapan Jasa Marga dalam menyiagakan petugas hingga armada operasional pada momen Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dalam sambutannya, Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti menjelaskan, menurut hasil Survey Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan, pada momentum Natal dan Tahun Baru diprediksi akan terjadi peningkatan mobilitas Nasional mencapai 143% atau sebesar 44 juta orang dengan moda transportasi favorit menggunakan mobil. Peningkatan mobilisasi ini harus diantisipasi dengan optimalisasi seluruh pelayanan baik oleh petugas hingga seluruh armada operasional dan didukung dengan koordinasi intens dengan stakeholder lintas sektoral.

- Advertisement -

“Sebagai Tim Jasa Marga Siaga, kita berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal selama libur Nataru 2023/2024. Peningkatan pelayanan harus terus dilakukan dengan konsisten untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas baik di gerbang tol, rest area hingga layanan preservasi, optimalisasi teknologi serta pengoperasian secara fungsional untuk beberapa ruas tol Jasa Marga Group untuk menjamin kelancaran perjalanan pengguna jalan tol. Kita harus meningkatkan kesiagaan dan kinerja kita dengan tetap menjunjung tinggi core value AKHLAK,” ungkapnya.

Walaupun prediksi peningkatan volume lalu lintas tidak setinggi pada periode Hari Raya Idul Fitri 1444 H lalu, Fitri mengingatkan jangan lengah dalam memberikan pelayanan terbaik, dengan memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan pemantauan dan pengendalian lokasi rawan kecelakaan, memitigasi risiko genangan dan longsor, serta meningkatkan perhatian pada lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas seperti objek wisata. Hal ini karena momen libur Nataru juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan liburan bersama keluarga dan juga bersamaan dengan masa kampanye pemilihan umum sehingga diharapkan seluruh personil tim Jasa Marga untuk lebih siaga.

Pada Kick Off kali ini, Direksi Jasa Marga dan para stakeholder yang hadir berkesempatan untuk melakukan peninjauan serta pengecekan armada operasional. Yang berbeda pada tahun ini, kendaraan operasional dari para stakeholder seperti Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan (Dishub), BASARNAS dan kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) juga turut hadir dalam prosesi Kick Off Jasa Marga Siaga.

Untuk mendukung layanan operasional yang optimal, Jasa Marga menyiagakan sebanyak 476 unit Armada Operasional di seluruh jalan tol di Indonesia yang terdiri dari 166 kendaraan Derek, 119 kendaraan Mobile Customer Service (MCS), 53 kendaraan Ambulans, 38 kendaraan Rescue, 100 kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR). Sejumlah jenis armada operasional tersebut juga turut dihadirkan dalam Kick Off Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Nataru 2023/2024. Sarana pelayanan lalu lintas juga dilengkapi dengan sistem informasi dan komunikasi Jasa Marga Group yang terdiri dari 1.977 unit CCTV, 204 unit Dynamic Message Sign (DMS), 26 unit Speed Camera dan 7 unit Weigh in Motion.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER