Sabtu, 24 Februari, 2024

Jasa Marga Raih Tiga Penghargaan dalam Ajang TOP Digital Awards 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih tiga penghargaan di ajang TOP Digital Awards 2023, yang diadakan oleh Majalah ItWorks bekerjasama dengan sejumlah asosiasi IT & TELCO Indonesia, pada Senin (04/12). Ketiga penghargaan yang diterima Jasa Marga yakni TOP DIGITAL Implementation 2023 #4 Star, TOP Leader on Digital Implementation 2023 yang dipersembahkan kepada Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti dan TOP CIO on Digital Implementation 2023 yang dipersembahkan kepada Information Technology Group Head Jasa Marga Gandes Aisyaharum.

Penghargaan ini diraih oleh Jasa Marga untuk pengembangan inovasi teknologi digital khususnya dalam meningkatkan pelayanan operasional jalan tol milik Jasa Marga Group. Hadir secara langsung mewakili manajemen Jasa Marga sebagai penerima penghargaan Direktur Teknologi Informasi PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Shandy Maulana Haris, Information Technology (IT) Senior Expert Jasa Marga Randy Prasetia Putra dan Advisor IT PT JMTO Raina Stefani Budi.

Shandy menjelaskan, sebagai upaya dalam mengoptimalkan pelayanan bagi pengguna jalan untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lancar, aman dan nyaman, Jasa Marga berkomitmen untuk mengembangkan inovasi berbasis teknologi, khususnya untuk operasional dan pemeliharaan jalan tol.

“Kami mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas apresiasi yang diberikan kepada Jasa Marga. Tentunya sebagai market leader di industri jalan tol, Jasa Marga terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi berkelanjutan untuk mendukung proses bisnis perusahaan dalam melayani pengguna jalan dengan optimal. Salah satunya diwujudkan melalui implementasi teknologi Intelligent Transport System (ITS),” ujar Shandy.

- Advertisement -

Shandy menambahkan, ITS berfungsi mengelola pelayanan lalu lintas jalan tol sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas yang terintegrasi dan terus ditingkatkan melalui super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID). JID dioperasikan di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) yang salah satunya berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada pengguna jalan.

Lebih lanjut Shandy menjelaskan, fitur berbasis ITS yang digunakan di JMTC juga dapat diakses oleh pengguna jalan melalui Mobile Apps Travoy dengan fitur terbaru Push Notifications Event Lalu Lintas, Mulai Perjalanan dan Chat-Bot WhatsApp sehingga dapat meningkatkan informasi real time yang diberikan kepada pengguna jalan.

“Seluruh implementasi dari teknologi ini sangat membantu Jasa Marga dalam menentukan strategi layanan operasional selama saat masa-masa lonjakan volume kendaraan, seperti saat arus mudik dan balik libur Lebaran tahun ini, serta nantinya pada momen libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru,” tutup Shandy.

Ketua Penyelenggara sekaligus CEO Madani Solusi Internasional (MSI Group) M. Lutfi Handayani menyampaikan, TOP DIGITAL Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada Perusahaan dan Instansi Pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi dan daya saing bisnisnya serta optimalisasi layanan kepada masyarakat maupun konsumennya.

“Penilaian dalam awarding ini meliputi aspek Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Implementasi Teknologi Digital dan Infrastruktur Pendukung Teknologi Digital. Keberhasilan implementasi dan pemanfaatan Teknologi Digital di perusahaan/ instansi pemerintahan tentu dapat meningkatkan citra dan kepercayaan konsumen dan mitra bisnis Perusahaan,” ujar Lutfi.

Tahun ini TOP Digital Awards 2023 mengangkat tema “ IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services”. Ajang ini juga merupakan upaya untuk mendorong adanya inovasi-inovasi baru digital, terutama mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia sebagai kesiapan dalam memasuki era Industry 4.0 dan era Society 5.0 serta memberikan referensi dan rekomendasi kepada perusahaan-perusahaan dan lembaga pemerintahan di Indonesia, tentang solusi teknologi digital yang bermanfaat untuk peningkatan kinerja, daya saing, dan layanan pelanggan/publik.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER