BERITA

Kantor Kemenag Karangasem Raih Penghargaan Pelayanan Publik dari Kementerian PAN RB

MONITOR, Jakarta – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem Provinsi Bali meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan 2023.

Penghargaan diberikan Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas kepada Kepala Kankemenag Karangasem Bali I Wayan Serinada di Jakarta, Selasa (21/11/2023). Turut hadir menyaksikan pemberian penghargaan Plt Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kemenag Nurudin dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali Komang Sri Marheni.

“Alhamdulillah kita bersyukur dan mengucapkan selamat atas capaian Kankemenag Kabupaten Karangasem. Penyediaan pelayanan publik untuk kelompok rentan saat ini menjadi salah satu perhatian Kemenag. Ini sesuai dengan arahan Menag Yaqut Cholil Qoumas,” ujar Plt Kepala Biro Ortala Nurudin, Selasa (21/11/2023).

Kankemenag Kabupaten Karangasem Bali meraih penghargaan berkat program “Melayani Kelompok Rentan dengan Nurani” atau MENTARI. Melalui program ini, Kankemenag Karangasem Bali menyiapkan berbagai sarana prasarana yang ramah kelompok rentan dalam pelayanan publiknya.

Kepala Kankemenag Karangasem I Wayan Serinada menyampaikan yang dimaksud dengan kelompok rentan adalah orang tua, wanita hamil, anak-anak, dan kelompok disabilitas. “Untuk melayani mereka, kami memiliki sarana khusus. Mulai dari penyiapan loket khusus, petugas yang mendampingi selama pelayanan lansia, hingga petugas yang memiliki kemampuan bahasa isyarat,” ujar I Wayan Serinada.

Kankemenag Karangasem juga menyediakan fasilitas ramah kelompok rentan seperti gedung pelayanan publik berlantai guiding block yang bisa memudahkan para tuna netra, ruang tunggu khusus, dan area parkir khusus kelompok rentan.

“Kami senang sekali apa yang telah kami lakukan mendapat penghargaan. Semoga kami bisa terus meningkatkan kualitas pelayanan ini,” ujar I Wayan Serinada.

Senada, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali Komang Sri Marheni berharap pelayanan publik yang telah dilakukan Kankemenag Karangasem dapat terus ditingkatkan. “Kalau hari ini bisa mendapatkan penghargaan untuk kategori terbaik penyedia sarana prasarana kelompok rentan, selanjutnya kita harapkan dapat juga menjadi pemberi layanan prima maupun berhasil meraih WBK/WBBM,” ujar Komang.

“Kita juga berharap apa yang berhasil dilakukan oleh Kankemenag Karangasem dapat menginspirasi dan ditiru oleh Kankemenag lainnya di Bali serta unit kerja Kemenag di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Recent Posts

Pelda Yudi Gunardi Gugur Saat Menolong Warga Terdampak Banjir dan Longsor

MONITOR, Jakarta - Pelda Yudi Gunardi, anggota Subdenpom XX/E Padang Panjang, akhirnya ditemukan dalam keadaan…

1 jam yang lalu

Respons Cepat Bencana Sumatra, Manag Ajak Media Perkuat Pesan Ekoteologi

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar menegaskan bahwa Kementerian Agama bergerak cepat dalam merespons…

2 jam yang lalu

Humas Award 2025, Menag Serahkan Bantuan Rp155,5 Miliar untuk Korban Bencana Alam

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar menghadiri Humas Kemenag Award 2025 dan menyerahkan bantuan…

2 jam yang lalu

Jasa Marga Lakukan Perbaikan Cepat Jalan Tol Terdampak Bencana Banjir di Medan

MONITOR, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Kualanamu Tol…

4 jam yang lalu

Menteri UMKM Tegaskan Keberanian sebagai Kunci Lahirnya Wirausaha Hebat

MONITOR, Jakarta - Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman menegaskan bahwa keberanian…

4 jam yang lalu

Melampaui Gelar, 1.989 Wisudawan UPH Siap Mengukir Dampak bagi Indonesia

MONITOR, Tangerang - Universitas Pelita Harapan (UPH) meneguhkan komitmennya dalam menghadirkan pendidikan unggul yang melahirkan…

5 jam yang lalu