Rabu, 1 Mei, 2024

Pertamina Group Borong 8 Penghargaan Digital Innovation Awards 2023

MONITOR, Jakarta – Pertamina Group berhasil memborong 8 penghargaan bergengsi dalam The 3rd Indonesia Digital Innovation and Achievement (IDIA) Awards 2023 yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (08/11).

Penghargaan diberikan kepada Pertamina Group karena telah sukses melakukan transformasi digital dan inovasi proses bisnis maupun operasional sehingga dapat meningkatkan kinerja, maupun pelayanan kepada seluruh mitra bisnis, stakeholder dan masyarakat Indonesia.

Dari 8 penghargaan tersebut, sebanyak 3 penghargaan diraih Pertamina Persero (Holding), 2 penghargaan diraih Pertamina Hulu Energi (PHE) dan 3 penghargaan diraih PT Pertamina Trans Kontinental (PTK).

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina saat ini berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengakselerasi pelaksanaan digitalisasi di seluruh lini bisnis Pertamina.

- Advertisement -

“Digitalisasi ini tidak saja ditujukan untuk mempercepat data analysis namun juga pengambilan keputusan secara bisnis untuk menunjang bisnis perusahaan di era digital saat ini,” ujar Fadjar.

Fadjar menambahkan, Pertamina Persero dalam kesempatan ini berhasil menyabet penghargaan Best Overall Digital Innovation and Achievement 2023 dan Best Digital GCR and IoT Implementation 2023 in Energy Industry.

“Selain itu, Direktur Utama Nicke Widyawati dinobatkan sebagai Best Chief Executive Officer Indonesia Digital Innovation and Achievement of the Year 2023,” imbuh Fadjar.

PHE, sebagai Suholding, mendapatkan penghargaan untuk kategori “Best Digital Innovation and IoT Implementation 2023” dan “Best Senior Executive Indonesia Digital Innovation and Achievement of The Year 2023”. Sedangkan 3 penghargaan yang diraih PTK adalah kategori Best Overall Digital Innovation and Achievement 2023, Best Digital GCG And IoT Implementation 2023 In Maritime Logistic, dan penghargaan kategori Best Chief Executive Officer (CEO).

PHE dinilai berhasil melakukan Inovasi teknologi yang memiliki kontribusi besar dalam kemajuan perusahaan. Pengelolaan perusahaan hampir seluruhnya melibatkan kemajuan teknologi, salah satunya adalah implementasi Internet of Things (IoT) yang diterapkan PHE.

Akbar Yudha Putera, selaku VP Information Technology PHE mengatakan semua penghargaan ini mencerminkan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan inovasi digital yang berkelanjutan.

“Dengan penghargaan ini mampu memperkuat operasional perusahaan, dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat. Transformasi digital telah membawa perubahan fundamental dalam sektor energi, dan Pertamina berkomitmen untuk terus memajukan inovasi-inovasi baru guna mendukung pertumbuhan perusahaan,” ungkap Akbar.

Direktur Utama PTK, I Ketut Laba mengatakan penghargaan ini membuktikan bahwa inovasi dan transformasi digital yang dilakukan PTK terus berkelanjutan serta memberikan kontribusi untuk Perusahaan, salah satunya adalah pembuatan aplikasi Executive Dashboard.

I Ketut Laba menjelaskan Executive Dashboard PTK merupakan aplikasi berbasis web dengan menampilkan 3 (tiga) informasi kinerja keuangan meliputi financial reporting & accounting operation, budgeting & management analysis dan treasury & financing yang dimana dari ketiga tampilan informasi tersebut memiliki sub menu tersendiri. Kemudian, secara berkesinambungan pengembangan fitur akan menjangkau keseluruhan Direktorat di PTK.

“Perubahan dan disrupsi merupakan tantangan bagi kami untuk terus berinovasi dan beradaptasi terhadap berbagai perubahan yang sangat cepat di lingkungan bisnis,” ujar Ketut.

IDIA Awards 2023 yang digelar untuk ketiga kalinya ini diselenggarakan oleh Majalah Business in Asia dengan mengusung tema ‘’Digital Innovation and IoT Implementation for Future Efficiency, Productivity and Security” yang bertujuan untuk mengangkat serta memberikan apresiasi atas pencapaian inovasi dan implementasi internet of things (IoT) yang telah dilakukan perusahaan dan organisasi publik.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER