Sabtu, 24 Februari, 2024

Jasa Marga Sabet Tiga Penghargaan di Ajang Keterbukaan Informasi Digital 5.0 KIP BUMN Awards 2023

MONITOR, Bali – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih tiga penghargaan di Ajang Keterbukaan Informasi Digital 5.0 KIP BUMN Awards 2023 yang diselenggarakan oleh BUMN Track bekerja sama dengan PT Media Kernels Indonesia (Drone Emprit Publications) dan Bali Post. Ketiga penghargaan yang diterima Jasa Marga yakni “The Most Popular BUMN by Audience”, “The Most Active BUMN by Activity”, dan “Best of All Classification by Audience, Activity, Engagement”. Ketiga penghargaan tersebut diterima oleh Corporate Secretary & Chief Administration Jasa Marga Nixon Sitorus yang mewakili manajemen Jasa Marga pada Jumat (27/10).

Corporate Secretary & Chief Administration Jasa Marga Nixon Sitorus menjelaskan bahwa ketiga penghargaan tersebut merupakan salah satu pencapaian dari kinerja positif Perusahaan, yang tidak hanya menjamin level of service di sisi operasional jalan tol, namun juga menjamin pelayanan informasi publik yang terus ditingkatkan tiap tahunnya.

“Dari aspek Keterbukaan Informasi Publik, di tahun 2022, Jasa Marga berhasil mempertahankan predikat Menuju Informatif. Hal ini memotivasi kami untuk memastikan implementasi keterbukaan informasi ke depannya harus dilakukan lebih baik lagi agar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Jasa Marga dapat melayani kebutuhan informasi masyarakat dengan lebih baik lagi,” jelas Nixon.

Nixon menjelaskan, Keterbukaan Informasi Digital menjadi fokus Jasa Marga untuk pengembangan implementasi Keterbukaan Informasi Publik Perusahaan ke depannya. Setelah layanan informasi disediakan secara online melalui website e-PPID Jasa Marga, sejak tahun ini, masyarakat dapat mengakses e-PPID melalui aplikasi mobile sehingga ditargetkan semakin meningkatkan akses informasi Perusahaan. Tidak hanya itu, Jasa Marga juga terus mengembangkan aplikasi Travoy yang merupakan asisten digital perjalanan yang menyediakan pembaruan informasi terkini jalan tol Jasa Marga Group yang juga didukung oleh pengelolaan media sosial secara real time.

- Advertisement -

Ketua Dewan Juri Ajang Keterbukaan Informasi Digital 5.0 KIP BUMN Awards 2023 sekaligus Ketua Komisi Informasi Pusat, Dr. Ir. Donny Yoesgiantoro, menjelaskan bahwa penghargaan ini sekaligus menjadi ajang evaluasi kinerja atas kewajiban Badan Publik untuk melakukan pengklasifikasian informasi publik, membuat dan mengembangkan sistem pelayanan informasi secara cepat, mudah dan wajar, melayani permohonan informasi berdasarkan permintaan, serta mengumumkan layanan informasi setiap tahunnya.

“Indikator yang digunakan dalam penilaian Kategori Perusahaan meliputi System Quality, Information Quality, Service Quality, Innovation dan Digitalization. Dewan Juri yang menilai pun terdiri dari tim yang memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas dan reputasi yang sangat memadai di bidang Keterbukaan Informasi Publik dan Tata Kelola Perusahan,” ujar Donny.

CEO BUMN Track sekaligus Ketua Penyelenggara Keterbukaan Informasi Publik Awards 2023 SH Sutarto mengatakan, perkembangan teknologi digital saat ini telah membuka peluang besar untuk meningkatkan akses informasi. Badan Publik berkewajiban untuk meningkatkan akses informasi untuk masyarakat. Masyarakat juga dapat ikut mengawasi kinerja Pemerintah secara efektif, sehingga terdapat hubungan timbal balik yang positif.

“Dalam era digital 5.0, peran keterbukaan informasi sangat penting dalam membangun kepercayaan sekaligus dapat mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Kami berharap seluruh Badan Publik terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia,” ungkap SH Sutarto.

Ajang Keterbukaan Informasi Digital 5.0 KIP BUMN Awards 2023 bertujuan untuk mendorong pimpinan BUMN lebih termotivasi melaksanakan keterbukaan informasi publik, memotivasi peran PPID yang bertanggung jawab mengelola informasi serta dokumentasi yang memberikan pelayanan informasi publik lebih transparan, efektif, efisien, responsif, dan akuntabel.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER