Senin, 20 Mei, 2024

Politisi PKB: Penutupan Masjid Al-Aqsa Bukti Israel Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI Luqman Hakim menyoroti aksi penutupan Masjid Al-Aqsa oleh Israel. Menurutnya, penutupan tersebut adalah bukti bahwa Israel melakukan kejahatan kemanusiaan.

“Israel telah menjadikan perang sebagai alat melakukan genosida bangsa Palestina. Penutupan Masjid Al-Aqsa jelas melanggar konvensi internasional tentang HAM, dan larangan penghancuran tempat ibadah dalam keadaan perangSaya mengutuk keras tindakan Israel yang menutup Masjid Al-Aqsa,” katanya dalam keterangan rilis yang diterima di Jakarta, Kamis (26/10/2023). 

Politikus Fraksi PKB itu juga mengecam Israel yang melakukan pembunuhan warga sipil, perempuan dan anak-anak.  Oleh karena itu, Luqman meminta pemerintah RI agar terlibat lebih aktif lagi dalam upaya-upaya menyelesaikan dan mengakhiri penjajahan Israel terhadap Palestina.

“Kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel jelas telah melampaui batas-batas kemanusiaan dan Ketuhanan. “Pemerintah RI harus mengambil posisi yang tegas, tidak netral tetapi berpihak kepada Palestina,” pungkas Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini. 

- Advertisement -

Dia juga berharap, pemerintah RI bisa aktif menggalang solidaritas negara-negara di dunia untuk bersama-sama mencegah berlanjutnya genosida bangsa Palestina oleh Israel. “Tuntutan saya ini sejalan dengan Konstitusi Negara Indonesia yang menyatakan bahwa segala bentuk penjajahan di atas dunia harus dihapuskan selama-lamanya,” demikian Luqman. 

Diketahui, polisi Israel telah menutup Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Kantor berita negara Palestina (WAFA) melaporkan, sebagaimana mengutip Departemen Wakaf Islam pada Selasa, 24 Oktober, tindakan itu dilakukan sebagai upaya mencegah jamaah Muslim masuk ke area tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER